Pages

July 13, 2011

RPP KIMIA - POLARISASI IKATAN KOVALEN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : MAN
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/ Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 1 X 90 Menit.

A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami struktur atom,sifat-sifat periodik unsur,dan ikatan kimia.

B. KOMPETENSI DASAR
Membandingkan proses pembentukan ikatan ion,ikatan kovalen,ikatan koordinasi,dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.

C. INDIKATOR
- Menentukan kepolaran senyawa berdasar perbedaan keelektronegatifan,bentuk molekul,dan momen dipol
- Menyelidiki sifat kepolran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menerima materi ini siswa dapat memahami tentang proses pembentukan ikatan kovalen polar dan non polar serta dapat menentukan kepolaran suatu zat berdasarkan percobaan.

E. MATERI PEMBELAJARAN
Polarisasi Ikatan Kovalen.
- Ikatan Kovalen Polar dan Kovalen Non Polar
- Molekul Polar dan Non Polar
- Menunjukkan kepolaran
- Momen Dipol

F. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi informasi,Demonstrasi,Diskusi kelompok.

G. STRATEGI PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal :
1. menciptakan :
- Memberi salam.
- Menanyakan kabar dan jumlah siswa yang hadir.
- Berdo’a bersama
2. Apersepsi :
- Siswa menyimak informasi tentang indikator dari materi Polarisasi Ikatan Kovalen.
- Siswa menyimak sekilas informasi tentang ikatan kovalen polar dan non polar serta tentang hal-hal yang menentukan kepolaran suatu zat (Perbedaan keelektronegatifan,bentuk molekul,momen dipoldan melalui percobaan)
Kegiatan Inti :
1. Pengorganisasian : membentuk 3 kelompok diskusi dengan menggunakan kartu berwarna (merah : kelompok 1,kuning : kelompok 2,hijau : kelompok 3).
2. Prosedur pembelajaran :
- Masing-masing siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing Kelompok 1 : Keeektronegatifan
Kelompok 2 : Bentuk Molekul
Kelompok 3 : Momen Dipol
- Siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing membahas tentang penentuan kepolaran ikatan dan molekul sesuai judul masing-masing kelompok.
- Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.
- Siswa memperhatikan demonstrasi dari guru yang memperagakan tentang penentuan kepolaran melalui percobaan.
- Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil pengamatan dengan dipandu oleh guru.

Kegiatan Akhir :
1. Merefleksi hasil belajar.
2. Evaluasi

H. ALAT/ SUMBER BELAJAR
Buku KIMIA Kelas X semester 1
Peta konsep
Lembar kelompok.
Peralatan demonstrasi

I. PENILAIAN
Teknik : Tes tertulis, Performa ( kinerja dan sikap ).
Bentuk Instrumen : Tes uraian.
Contoh Instrumen :
TES
1. Apa yang dimaksud keelektronegatifitas?
2. Apa yang menyebabkan ikatan kovalen bersifat polar?
3. Apakah yang menyebabkan molekul bersifat polar?
4. Senyawa Halida berikut ini urutkan dari yang paling polar ke yang terendah kepolarannya!(HF,HI,HCl,HBr)
5. Jika terdapat larutan A dan larutan B kemudian dilakukan percobaan sehingga menghasilkan data pengamatan sebagai berikut:
a. Larutan A cucurannya tertarik kearah magnet
b. Larutan B cucurannya lurus(tidak tertarik magnet)
Apakah kesimpulan dari masing-masing larutan?
6. Diketahui keelektronegatifan unsure:
A= 4 , B=3 , C=2,8 , D=2,5
Tentukan harga keelektronegatifan senyawa di bawah ini dan tentukan manakah diantara senyawa berikut yang paling polar!
a. BA c. DA e. CE
b. CA d. DC

Semarang, 28 - April -2008
Guru Mata Pelajaran Kimia



Farrah Farida 

No comments:

Post a Comment