Pages

August 03, 2011

RPP KIMIA SMA-APLIKASI REDOKS

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                :       KIMIA
Kelas/Program/Semester                :       X / 2
Pertemuan ke                                  :       6
Alokasi waktu                                   :       1 jam pelajaran
Standar kompetensi                        :       3.     Memahami sifat-sifat
Kompetensi Dasar                           :       3.2.  Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.
Indikator                                          :       -       Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.

                                                                               

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.

II.         MATERI AJAR
Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan

III.        METODE PEMBELAJARAN
-       Diskusi informasi (tanya jawab)
-       Diskusi kelompok

IV.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.     Kegiatan Awal :
-       Membuka pertanyaan dengan pertanyaan pernahkah kalian melihat pengolahan limbah pabrik.
b.     Kegiatan Inti
-       Siswa dibagi kelompok, mendiskusikan tentang pemecahan masalah konsep redoks dalam memecahkan masalah
c.     Kegiatan Akhir :
-       Memberikan rangkuman dari beberapa kelompok
-       Menyimpulkan hasil diskusi

V.         ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
-       Buku Kimia
-       Lembar kerja

VI.        PENILAIAN
-       Tugas Kelompok
-       Laporan tertulis




Mengetahui
Kepala SMA




Arif Fadholi, S.Pd.I

Semarang,  13 Juli 2009

Guru Mapel Kimia




ARIF FADHOLI, S.Pd.I.

No comments:

Post a Comment