Pages

August 03, 2011

RPP KIMIA SMK-IKATAN KIMIA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMK ASSHODIQIYAH
Kelas / Semester         : X (sepuluh) / 2
Mata Pelajaran          : KIMIA

Standar Kompetensi
5.      Memahami terjadinya ikatan kimia

Kompetensi Dasar
5. 1     Mendeskripsikan terjadinya ikatan ion
5. 2     Mendeskripsikan terjadinya ikatan kovalen
5. 3     Menjelaskan ikatan logam
5. 4     Menuliskan nama senyawa kimia

Indikator
1.      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion.
2.      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap, dan rangkap tiga, serta ikatan kovalen koordinasi.
3.      Menuliskan nama senyawa sederhana.

Alokasi Waktu: 16 Jam × 45 Menit (8 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menerapkan konfigurasi elektron sesuai aturan oktet.
2.      Membuat lambang lewis berdasarkan lambang atom dan elektron valensi.
3.      Menghitung pembentukan ikatan ion pasangan unsur.
4.      Membuat rumus kimia senyawa berdasarkan aturan oktet.
5.      Membantuk dan menggambarkan ikatan kovalen dengan menggunakan rumus kimia senyawa kovalen biner.
6.      Membentuk ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga menggunakan rumus lewis dan rumus bangun.
7.      Menghitung pasangan elektron sehingga menghasilkan ikatan kovalen koordinat.
8.      Menghitung suatu molekul poliatom untuk mengetahui kepolarannya (polar dan nonpolar) dan dinyatakan dalam satuan momen dipol (debye/D).
9.      Membedakan senyawa ion dan senyawa kovalen.
10.  Menjelaskan sifat logam.
11.  Menerapkan nama senyawa kovalen biner sesuai aturan.
12.  Membuat tata nama senyawa ion sesuai dengan aturan.
13.  Menuliskan nama asam dan basa dengan benar.

B. Materi Pembelajaran
Ikatan ion/ikatan elektrovalen, ikatan kovalen, ikatan logam, dan tata nama senyawa.

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan mengenai ikatan.
Inti                                          
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai aturan oktet.
b.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai lambang Lewis.
c.       Peserta didik berlatih menggambarkan lambang lewis suatu ion.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai aturan oktet dan lambang Lewis.

Pertemuan Ke-2
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai aturan oktet dan lambang Lewis.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pembentukan ikatan ion.
b.      Peserta didik berlatih menentukan pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan ion.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai rumus kimia senyawa ion.
d.      Peserta didik berlatih menentukan rumus kimia senyawa beserta proses pembentukan ikatannya.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai ikatan ion/ikatan kovalen.

Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai ikatan ion/ikatan kovalen.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pembentukan ikatan kovalen.
b.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai rumus kimia senyawa kovalen biner.
c.       Peserta didik berlatih membuat rumus kimia senyawa yang dapat dibentuk oleh pasangan unsur, dan menggambarkan ikatan kovalennya.
d.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai struktur Lewis/struktur senyawa kovalen.
e.       Peserta didik berlatih membuat struktur Lewis suatu rumus molekul.
f.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai ikatan kovalen rangkap dan rangkap tiga.
g.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai ikatan kovalen koordinat.
h.      Peserta didik berlatih membentuk ikatan kovalen koordinat.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal latihan mengenai ikatan kovalen.

Pertemuan Ke-4
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai ikatan kovalen.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai ikatan kovalen polar dan kovalen nonpolar.
b.      Peserta didik berlatih menentukan ikatan kovalen.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai molekul polar dan nonpolar.
d.      Peserta didik berlatih menentukan kepolaran suatu zat.
e.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai momen dipol.
f.       Peserta didik berlatih menghitung suatu molekul poliatom.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai kepolaran senyawa.

Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai kepolaran senyawa.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai sifat senyawa ion dan senyawa kovalen berdasarkan titik didih, kemudahan menguap, kelarutan, dan daya hantar listrik.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai sifat senyawa.

Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai sifat senyawa.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai ikatan logam.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan uji kepahaman mengenai ikatan logam.

Pertemuan Ke-7
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai ikatan logam.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tata nama dan rumus senyawa molekul (senyawa kovalen) biner.
b.      Peserta didik berlatih menuliskan nama senyawa molekul biner.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tata nama senyawa ion.
d.      Peserta didik berlatih menuliskan nama senyawa ion.
e.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tata nama asam dan basa.
f.       Peserta didik berlatih menuliskan nama asam dan basa.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan uji kepahaman mengenai tata nama senyawa sederhana.

Pertemuan Ke-8
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai ikatan kimia.
Inti      
a.       Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.      Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.       Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d.      Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu perhitungan kimia.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Kimia SMK dan MAK (Erlangga) halaman 120-152
  b. Lembar kerja
  c. Alat dan bahan praktikum
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian:
 -  Tes unjuk kerja
 -  Tes tertulis                   
            b. Bentuk Instrumen:
-  PG
 -  Uraian 
            c. Contoh Instrumen:
                        -  Contoh tes PG
                           Ditentukan 5 unsur dengan konfigurasi elektron sebagai berikut:
                           P : 2 8 7                       S : 2 8 8
                          Q : 2 8 8 1                   T : 2 8 18 4
                          R : 2 8 18 2
Reaktivitas unsur berkaitan dengan konfigurasi elektronnya. Unsur tersebut yang paling stabil adalah . . . .
a.       P                                                    d. S
b.      Q                                                   e. T
c.       R
                             
-  Contoh tes uraian
Nyatakan jenis ikatan kimia (kovalen atau ion) dalam zat-zat berikut.
a.       NaH                                               d. MgCl2
b.      NH3                                               e. C2H2
c.       CCl4                                               f. HCl

                                                                                                           
Mengetahui,                                                                                        Semarang,
Kepala SMK ASSHODIQIYAH                                                       Guru Mata Pelajaran



H. Sumiharto Ts, S.Pd, M.Si                                                              Arif Fadholi W.A, S.Pd.I

No comments:

Post a Comment