Pages

October 10, 2011

RPP IPA SMK-V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                 : SMK FARMASI & TKJ
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester               : X (sepuluh)/1 (satu)
Program                         : Semua program keahlian



Standar Kompetensi     : 1. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar          : 1.2 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik

Indikator                        :
·      Menjelaskan pengertian cuaca dan iklim
·      Menjelaskan unsur-unsur cuaca
·      Menyimpulkan kondisi cuaca di lingkungan sekitar
·      Menjelaskan pembagian iklim bumi
·      Mengidentifikasi sebab dan dampak perubahan iklim bumi
·      Membuat laporan hasil diskusi mengenai dampak perubahan iklim bumi yang  sedang terjadi saat ini

Alokasi Waktu                : 12 x 45 menit (6 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Mengetahui komponen-komponen penyusun lapisan udara di bumi
·      Memahami unsur-unsur utama cuaca, yaitu sinar matahari, awan, hujan, angin, kelembapan udara, suhu udara, dan tekanan udara
·      Mengetahui pembagian iklim di bumi
·      Memahami hubungan iklim dengan kegiatan manusia
·      Mengetahui kondisi perubahan iklim indonesia dan dunia

B. Materi Pokok Pembelajaran
·      Cuaca dan iklim

C. Metode Pembelajaran
·      Presentasi
·      Diskusi kelompok
·      Observasi
·      Tanya jawab
·      Penugasan

D. Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ke-1                  Pembuka
(2 x 45’)
a.      Siswa ditanya mengenai kondisi cuaca saat pelajaran berlangsung.
b.     Siswa ditanya mengenai iklim di wilayah  sekolah.
                         Inti

a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai pengertian cuaca (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 114).
b.     Siswa menyimak penjelasan guru mengenai struktur  dan komposisi atmosfer (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 114-116).
c.      Siswa diajak berdiskusi mengenai hubungan struktur atmosfer dengan unsur cuaca.
Penutup

·           Siswa ditanya kembali mengenai pengertian cuaca dan struktur atmosfer.

Ke-2                 Pembuka

·           Siswa ditanya kembali mengenai pengertian cuaca.

(2 x 45’)                        Inti

 

a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai unsur-unsur cuaca yang utama, yaitu sinar matahari, awan, hujan, angin, kelembapan udara, suhu udara, dan tekanan udara (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 116-121).
b.      Siswa diajak berdiskusi mengenai hubungan saling mempengaruhi antarunsur cuaca.
c.      Siswa diajak berdiskusi mengenai cara mengukur atau melakukan pengamatan terhadap unsur cuaca.

Penutup

 

·           Siswa diminta menyiapkan bahan  dan peralatan untuk pengamatan unsur cuaca pada pertemuan berikutnya.
Ke-3                   Pembuka
(2 x 45’)



a.      Siswa ditanya kembali mengenai unsur-unsur cuaca dan cara pengukuran atau pengamatannya.
b.     Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk pengamatan unsur cuaca (kegiatan 5.1 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 121-122).
Inti

a.      Siswa melakukan pengamatan secara berkelompok terhadap beberapa unsur cuaca di lingkungan sekolah.
b.     Siswa mendiskusikan hasil pengamatan kelompok dan membandingkan dengan kelompok lain.
Penutup
·           Siswa menyimpulkan kondisi cuaca di lingkungan sekolah saat pengamatan.
Ke-4                   Pembuka
(2 x 45’)

a.      Siswa ditanya kembali mengenai iklim di wilayah  tempat sekolah mereka berada.
b.     Siswa ditanya mengenai cakupan wilayah iklim tersebut.
Inti








a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai pengertian iklim (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 122-123).
b.     Siswa diajak berdiskusi mengenai pembagian iklim bumi (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 123).
c.      Siswa diajak berdiskusi mengenai perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 124-125).
Penutup
·           Siswa diminta melakukan studi literatur untuk bahan diskusi mengenai dampak perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini pada pertemuan selanjutnya.

Ke-5                 Pembuka

(2 x 45’)
·         Siswa ditanya kembali mengenai perubahan iklim bumi saat ini.
Inti

 

a.      Siswa berdiskusi dalam kelompok mengenai dampak perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini (kegiatan 5.2 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 125).
b.     Siswa diminta menuliskan hasil diskusi dan membuat kerangka laporan hasil diskusi.

Penutup

·           Siswa diminta menyiapkan laporan hasil diskusi dan presentasi hasil diskusi kelompok untuk pertemuan selanjutnya.

Ke-6                 Pembuka

(2 x 45’)

a.      Siswa diminta mengumpulkan laporan hasil diskusi     mengenai dampak perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini.
b.     Siswa diminta menyiapkan bahan presentasi kelompok.
Inti

 

·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas disertai tanya-jawab dan diskusi dengan kelompok lain.

Penutup

·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas.



E. Sumber Belajar
- Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas X, karya Tia Mutiara,dkk
   terbitan Erlangga 2008 (halaman 113-128)
- Lingkungan sekitar
- Sumber informasi lain: koran, majalah, website internet, dll

F. Penilaian

·       Teknik Penilaian
ü  Tes tertulis
ü  Observasi kinerja
ü  Produk
·       Bentuk Instrumen
ü  Tes uraian
ü  Kegiatan praktikum 
ü  Uji petik kerja produk
·       Contoh Penilaian
ü  Tes uraian: Jelaskan hubungan antara suhu udara dengan pembentukan awan.
ü  Kegiatan praktikum: Ukurlah beberapa unsur cuaca di lingkungan sekitar sekolah.
ü  Uji petik kerja produk: Buatlah laporan hasil diskusi mengenai dampak perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini. 

Mengetahui,                                                                         Semarang,
Kepala Sekolah                                                                    Guru Mapel




Arif Fadholi W.A, S.Pd.I                                                        Hari Murti S.N, S.Pd

No comments:

Post a Comment