Pages

October 28, 2010

KESETIMBANGAN DALAM INDUSTRI

KESETIMBANGAN DALAM INDUSTRI

Banyak proses kimia dalam indusrti merupakan reaksi kesetimbamgan . Untuk memoeroleh hasil berkualitas tinggi dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan proses yang efesien dan efektif . Pengetahuan tentang kesetimbangan kimia sangat dibutuhkan oleh beberapa industri kimia, misalnya industri pembuatan ammonia dan asam sulfat.

1.Peoses ammonia
Dari semua macam senyawa nitrogen, amonia adalah senyawa nitogen yang paling penting. Amonia merupakan salah satu senyawa dasar nitogen yang dapat direaksikan dengan berbagai senyawa yang berbeda selain proses pembuatan amonia yang sudah terbukti ekonomis dan efisiensinya yang sampai sekarang terus ditingkatkan. Sebagian besar amonia diperoleh dengan cara pembuatan sintetis di pabrik dan sebagian kecilnya diperoleh dari hasil samping suatu reaksi

Pembuatan ammonia terdieri dari enam tahap:
1.Pembuatan gas-gas pereaksi
2.Pemurnian
3.Kompresi
4.Reaksi katalik
5.Resikulasi

2.Proses asam sulfat
Asam sulfat secara besar-besaran dapat di hasilkan dengan proses kontak ,bahan yang dipakai adalah belerang murni yang di baker di udara dengan reaksi:
S(s)+O2(g) SO2(g)
SO2 yang terbentuk dioksidasi di udara dengan memakai katalisator . Reaksinya merupakan reaksi kesetimbangan.

2SO2(g)+O2(g) 2SO3(g)
Untuk mendapatkan SO3dalam jumlah besar ,dengan temperatur rendah dan tekanan tinggi,agar kesetimbamgan bergeser kearah SO3,reaksi baru dapat berlangsung pada temperature 4000C. Dengan katalis vanadium pentaoksida(V2O5),reaksi berlangsung dengan baik,yaitu 98% sempurna dan tidak memerlukan tekanan tinggi .
Belerang trioksida (SO3)dicampur dengan asam sulfat padat (H2SO4),sehingga diadsobsi oleh asam tersebutmembentuk asam pirosulfat (H2S2O7) yang disebut juga dengan oleum,dengan reaksi:

SO3(g)+H2SO4 H2S2O7(l)

Asam pirosulfat itu diubah menjadi asam sulfat dangan menambah kan air,dengan reaksi:
H2S2O7 (l)+H2O(l) 2H2SO4(l)
Asam yang dihasilkan dari proses itu adalah 100%.
Asasm sulfat merupakan bahan penting karena karena kegunaannya yang luas sepertin untuk industripupuk ,cat,rayon ,bahan peledak dan untuk berbagai bahan lainserta untuk pemurnian minyak bumi disanping digunakan untuk air aki.

•Sains
•Teknologi
•Lingkungan
Dampak positif : Dari hasil industri berupa pupuk dapat menghasilkan yang maksomal.
Dampak negatif : Pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah beracun /berbahaya.
•masyarakat
Dampak negative:
Kegiatan industri yang banyak mengeluarkanbahan pencenar ke lingkungn air oleh limbah domestic akibatnya kesehatan masyarakat terganggu,pencemaranfecal terhadap air minummenyebabkan penyakit yang telanh membunasakan penduduk kota.
Dampak positif:Dengan adanya kesetimbangan dalam industri melalui proses Haber- Bosch dan proses kontak industri dapat memper oleh hasil dalam jumlah banyak dan memiliki kualitas tinggi sehingga masyarakat dapat menikmati.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment