Pages

November 19, 2010

PEMISAHAN CAMPURAN

Pemisahan canpuran dilakukan untuk membersihkan zat berguna dari pengotornya . misalnya, perusahaan air minum memisahkan ztat-zat pengotor untuk mendapatkan air yang layak dikonsumsi. Pemisahan campuran juga dilakukan berdasarkan manfaat zat penyusunnya. Misalnya, proses pengolahan minyak bumi memisahkan bensin, solar, minyak tanah ,dan penyusun minyak lainnya.
Pada dasarnya pemisahan canmpuran dapat dilakukan berdasarkan sifat fisika, misalnya ukuran partikel,titik didih, dan kelarutan. Pemisahan campuran dapat dilakukan dengan cara penyaringan,penyulingan pengkristalan, penyubliman,dan kromatografi. Selain berdasrkan sifat fisika, pemisahan campuran juga dapat dilakukan berdasarkan syifat kimia.

1.pemisahan campuran berdasarkan sifat
a.Pengayakan
Pernahkah kamu melihat tukang bangunan menyaring pasir? Peristiwa itu merupakancontoh pemisahancampuran berdasarkan ukuran partikel. Pemisahan tersebut disebut pengayakan karena menggunakan ayakan. Pasir yang kecil dapat lolos dariayakan, sedangkan kerikil yang lebih besar akan tertiggal pada ayakan.

b.Penyaringan
Penyaringan dapat digunakan untuk memisahkan padatan dengan cairan. Kegunaan penyaringan tergantung padaukuran penyaring,disesuaikan denganzat-zat yang akan dipisahkan.saringan yang digunakan untuk memisahkan pasir dan kerikil berbeda dengan saringan yang digunakan untuk menyaring santan dari ampasnya. Penyaringan dilaboratorium menggunakan kertas saring.
Penyaringan juga dapat digunakan untuk memisahkan campuran dari beberapa zat yang mempunyai perbedaan kelarutan dalam air. Missalnya kita akan memisahkan campuran pasir dan garam. Pasir tidak larut dalam air dan garam larut dalam air. Jika campurannya dilarutkan dalam air,garam larut dan pasir tidak larut. Setelah disaring dengan kertas saring,pasir akan tertinggal dan garam akan lolos dari kertas saring. Zat yang tertinggal di kertas saring disebut residu dan yang lolos dari kertas saring disebut filtrat.

c.Sentrifugasi
Pemisahan suspensi dalam juklah sedikit, dapat dilakukan dengan sentrifugasi. Sentrifugasi digunakan untuk memisahkan padtan yang ukuranya cukup kecil dan tersebar maerata dalam ciran. Volum campuran yang akan dipisahkan bviasanya sedikit sehingga tidak mungkin unatuk disaring. Campuran yang akan dipisahkan dimasukkan dalam tabung , kemudiadn tabung dimasukkan kedalam alat sentrifugasi. Slain itu, digunakabn tabung lain yangberisi cairan sebagai penyeimbang. Di dalam alat sentrifugasi, tabung diputar dengan cepat. Karena adanya daya sentrifugal, maka padatan akan terkumpul di bagian bawah tabung sehingga memudahkan untuk dipisahkan dari cairan.

d.Kristalisasi
Pemisahan campuran denga kristalisasi dilakukan untuk memisahkan zat padat dari pengotornya. Mula-mula zat padat dilarutkan, setelah larut kemudian disaring. Hasil penyaringan itu digunakan untuk membentuk kristal dengan cara menguapkan pelarutnya sehingga menjadi lebih pekat. Larutan pekat tersebut selanjutnya didiginkan sehingga zat terlarutnya mengkristal. Hal tersebut dapat terjadi karena pada suhu yang rendah kelarutan menjadi berkurang. Pemisahan campuran dengan kristalisasi diperoleh padatan yang lebih murni, karena komponen lain yag kadarnya lebih kecil tidak ikut mengkristal. Misalnya kita memisahkan campuran air dan garam. Jika iarnya diuapkan larutan garam akan membentuk larutan lewat jenuh. Kristalisasi mirip dengan penguapan.

e.Penyulingan (distilasi)
Ketika memisahkan iar dan garampada iar laut dengan cara penguapan, yang tertinggal adalah garamnya, sementara airnya menguap. Bagaimana cara mendapatkan airnya? Caranya melalui proses distilasi. Proses distilasi terdiri dari dua tahap yaitu pendidihan sehingga airnya menguap, lalu kondensasi (pengembunan) agar uap air kembali mengembun.

Distilasi sederhana dapat kita lakukan di rumah. Misalnya kita ingin memisahkan air dari larutan teh. Panaskan ait teh dalam ceret di atas kompor,biarkan hingga terus mendidih. Lalu uap air yang keluar dari mulut ceret embunkan dengan piring kaca. Kumpulkan hasil pengembunan dari uap airnya.air hasilpengembunan itu dinamakan air distilasi. Air distilasi ini murni, tidak tercampur lagi dengan larutan teh.

f.Sublimasi
Sublimasi adalah proses perubahan benda padat menjadi gas atau sebaliknya. Pemisahan campuran dengan sublimasi dilakukan jika ada zat padat yang menyyublim bercampur dengan zat yang tidak dapat menublim. Metode sublimasi dilakukan terhadap campuran dua benda padat yang salah satunya mempunyai saifat dapat mengalami sublimasi jika dipanaskan.Contoh zat yang mudah menublim adalah kapur barus, iodin, dan kafein

g.Kromatografi
Kromatografi adalah proses untuk memisahkan campuran bahan berwarna. Hal ini dapat terjadi karena bahn yang berbeda akan larut pada zat pelarut pada tingkat yang berbeda, maka bahan yang berbeda ini akan bergerak pada medium penyerap dalam laju yang berbeda pula. Pemissahan dengan kromatografi dilakukan pada campuran yang memiliki perbedaan kecepatan merambat antara zat terlarut dengan mediumnya. Dalam kehidupan sehari-hari pemisahan kromatografi dapat kamu lihat pada rembesan tinta hitam pada kertas basah sehingga dihasilkan garis-garis dengan jark tertentu.

h.Ekstraksi
Mmisalnya kamu diminta untuk mengambil minyak dari biji kacang , apka yang kamu lakukan? Cara yang dapat kita lakukan adalah ekstraksi. Secara sederhana ekstraksi dapat dilakukan dengan corong pisah.
Pada dasarnya , ekstraksi adalah memisahkan campuran dengan menggunakandua pelarut yang tidak saling bercampur. Dengan corong pisah kamu dapat zat yang larut dalam minyak dengan zat yang larut dalam air. Biasanya zat yang larut dalam air berada di bawah dan zat yang larut dalam minyak berada di atas. Dengan membuka keran pada corong pisah, air dan zat yang terlarut di dalamnya akan keluar sehingga yang tertiggal hanya minyak dan zat yang terlarut du dalamnya. Selanjutnya pemurnian zat dilakukan dengan distilasi.

2.Pemisahan campuran berdasarkan sifat kimia
Sifat kimia adalah sifat yang berhubungan dengan pembentukan zat lain. Jadi, pemisahan campuran berdasarkan sifat kimia dilakukan dengan cara mengubah zat yang akan dipisahka. Contoh pemisahan campuran dengan cara kima adalah membersihkan air dari garam –garam kalsiumdan m,agnesium.
Air yang mengandung garam-garam kalsium ada magnesium misalnya kalsium bikarbonat, kalsium sulfat, kalsium klorida dan magnesium klorida disebut air sadah. Air sadah kurang baik untuk mencuci dan memasak. Untuk menghilangkan kesadahan air berarti memisahkan garam kalsium dan magnesium yang terlarut dalam air.

A.Pilihan Ganda
1. Berikut ini merupakan manfaat pemisahan campuran, kecuali ….
a. untuk pemurnian zat
b. untuk pemisahan zat-zat pengotor
c. untuk mengetahui perbedaan titik didih zat
d. untuk mengambil zat-zat yang bermanfaat
2. Avtur, kerosin dan solar dapat diperoleh dari minyak bumi melalui ….
a. distilasi bertingkat c. penyaringan
b. kromatografi d. sublimasi
3. Di bawah ini merupakan dasar yang digunakan dalam pemisahan campuran ….
a. kelarutan c. titik didih
b. ukuran partikel d. massa zat
4. Garam dapur dapat dimurnikan dengan cara ….
a. distilasi c. kristalisasi
b. ekstraksi d. kromatografi
5. Campuran dua zat padat yang mempunyai ukuran partikel berbeda dapat dipisahkan dengan metode ….
a. distilasi c. filtrasi
b. pengayakan d. sublimasi
6. Penyulingan merupakan pemisahan campuran yang dilakukan berdasarkan perbedaan ….
a. kelarutan c. titik lebur
b. ukuran zat d. titik didih
7. Ketika melakukan filtrasi untuk memisahkan campuran air dan pasir, pasir yang tertinggal di kertas saring disebut ….
a. endapan c. filtrat
b. larutan d. residu
8. Pengambilan santan dari buah kelapa merupakan contoh pemisahan dengan cara ….
a. kromatografi c. sublimasi
b. distilasi d. ekstraksi
9. Sirup merupakan campuran larutan gula, air, pengharum dan zat lain. Jika ingin mendapatkan air murni dari sirup, maka metode pemisahan zat yang sesuai adalah ….
a. penyaringan c. sublimasi
b. penguapan d. distilasi
10. Campuran yang dapat dipisahkan melalui metode penyulingan contohnya ….
a. santan kelapa
b. air garam
c. air yang mengandung mineral terlarut
d. air yang tercampur pasir

B.Esai
1.Apa tujuan pemisahan campuran?
2.Bagaimana cara mendapatkan air murni dari air laut dan garam dari air laut?
3.Apakah fungsi filtrasi pada pengolahan air bersih?
4.Jelaskan perbedaan penyaringan dan penguapan!
5.Bagaimanakah cara memisahkan bensin yang tercampur dengan air hujan?

7 comments:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete