Pages

November 19, 2010

MEMAHAMI SURAH QURAISY DAN AL-INSYIRAH TENTANG KETENTUAN REZEKI

MEMAHAMI SURAH QURAISY DAN AL-INSYIRAH
TENTANG KETENTUAN REZEKI

A.Memahami Isi Kandungan Surah Quraisy
1.Surah Quraisy
لِإِيلفِ قُرَيْشٍ (1) إِيلافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ (2) فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (3)
الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ (4)
Artinya:”Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Kakbah). Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.


2.Penjelasan Surah Quraisy.
Ayat 1: pada ayat ini menjelaskan kebiasaan orang quraisy yang menjalnkan perekonomian dengan berdagang karena letak kota Mekah diantara 2 negara yang menjadi pusat perdagangan yaitu Negara Syam (disebelah utara) dan Negara Yaman (disebelah selatan).
Ayat 2: pada ayat ini menceritakn perjalanan orang quraisy dalam berdagang. Pada musim dingin mereka berdagang ke negara Yaman dengan jalur selatan yaitu, Mekah, Thaif, Asir, San’a (Yaman) dan pada musim panas mereka berdagang ke Negara Syam (Suriah) dengan jalur utara, Mekah, Madinah, Damaskus, Hunain, Badar, Ma’an (Syirqil Urdun). Hal ini disebabkan karena tanah arab yang tandus sehingga mereka dalam mencari rezeki dari Allah melalui jalur perdagangan.
Ayat 3: Allah mengingatkan orang Quraisy supaya bersyukur dengan rezeki yang diberikan dengan cara memanfaatkan sesuai dengan yang diperintahkan Allah.
Ayat 4: dalam ayat ini Allah memberi alas an mengapa manusia diperintahkan untuk taat kepada Allah diantaranya;
a.Allah telah memberi rezeki kepada semua makhluk.
b.Allah menjaga keamanan kota Mekah dari gangguan luar.

B.Memahami Isi Kandungan Surah Al-Insyirah
1.Surah Al-Insyirah
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (1) وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ (2) الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ (3) وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ (4) فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِيُسْراً (5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً (6) فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ (7) وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ (8)
Artinya: “Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? Dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

2.Penjelasan Surah Al-Insyirah
Ayat 1: pada ayat ini Allah menghibur kepada Nabi Muhammad dalam memperjuangkan agama Islam dengan segala cobaan yang diterima karena sebagai manusia beliau juga mengalami kesedihan dan kepedihan, seperti yang dialami para pengikutnya Yasir dan istrinya meninggal karena dibakar di atas api. Beliau juga pernah di boikot di Syi’b sehingga beliau harus makan daun-daunan. Semua itu dijalani dengan kesabaran.
Ayat 2-3: perjuangan Nabi Muhammad semkin berat sehingga seakan-akan membuat tulang beliau menjadi bungkuk memikulnya, selama 3 tahun berdakwah secara sembunyi-sembunyi hanya memperoleh pengikut 39 orang. Sehingga Allah menghilangkan kesusahan Nabi Muhammad yang diderita dalam menyampaikan risalah.
Ayat 4: pada ayat ini Allah memberikan penghargaan kepada Nabi Muhammad berupa:
1.Nama Nabi Muhammad disejajarkan dengan Allah dalam kalimat syahadat
2.Seseorang tidak dianggap beriman bila tidak beriman kepada Nabi Muhammad
3.Nabi Muhammad dijadikan suri tauladan/paanutan bagi seluruh umat manusia
4.Semua umat Islam senantiasa menucapkan sholawat kepada Nabi Muhammad
Ayat 5-6: dalam ayat ini Allah memberikan motivasi kepada Nabi Muhammad bahwa perjuangannya nanti aakan membuahkan hasil. Terbukti pada tahun 8 H kota Mekah setelah ditaklukkan orang yang dahulunya memusuhi Nabi Muhammad banyak yang masuk Islam.
Ayat 7: Allah mnemerintahkan agar setelah selesi satu urusan tidaklah berdiam diri, melainkan untuk segera mengerjakan urusan yang lain secara bersungguh-sungguh.
Ayat 8: Allah menjelaskan bahwa keberhasiln usaha terletk pada keridhoan Allah, untuk itu kita diharuskan untuk memohon dan bersandar kepada Allah dan hanya Allah lah tempat kita berharap.

C.Hubungan QS Quraisy dan Al-Insyirah
1.Keduanya berisi tentang pemberiaan Allah yang telh menyediakan rezeki untuk kebutuhan manusia.
2.Keduanya berisi tentang rezeki yang diberikan Allah kepada makhluknya banyak macamnya. QS. Quraisy menjelaskan rezeki dari Allah tentang harta perniagaaan, makanan, rasa aman dan jauh dari rasa cemas. Sedangkan QS Al-Insyirah menjelaaskan beberpaa rezeki dari Allah adalah bersikap lapang dada (sabar) dalm berdakwah, diringankan dari beban yang berat dan kemudahan yang diberikan kepada Naabi Muhammad.
3.QS Quraisy menjelaskan rezeki dari Allah akan diperoleh dengan usaha manusia seperti bertani, berdgng, pegaawai, buruh dsb. Sedangkan QS Al-Insyirah menjelaskan manusia hrus pandai memanfaatkan waktu untuk mencari rezeki guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

D.Menerapkan Kandungan QS Quraisy dan Al-Insyirah dalam Kehidupan
1.Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk kegiatan sesuai dengan petunjuk agama
2.Tidak bermalas-malasan
3.Banyak bersyukur
4.Berusaha dengan sungguh-sungguh dalam mencari rezeki Allah
5.Berusaha agar tidak melanggar norma agama
6.Memanfatkan hasil untuk kepentingan agama
7.Menggunakan hasil sesuai dengan ketentun agama

5 comments: