Pages

September 27, 2011

RPP FISIKA BAB I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMK
Kelas / Semester           : X (sepuluh)
Mata Pelajaran            : FISIKA

A. Standar Kompetensi
1.      Mengukur besaran dan menerapkan satuannya.

B. Kompetensi Dasar
1.1    Menguasai konsep besaran dan satuannya.
1.2    Menggunakan alat ukur yang tepat untuk mengukur suatu besaran fisis.

C. Indikator
1.      Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
2.      Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.

D. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menganalisis besaran dan satuan dalam fisika.
2.      Membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan.
3.      Menerapkan konsep besaran dan satuan dalam perhitungan fisika.
4.      Mendeskripsikan pengukuran dalam fisika.
5.      Melakukan pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu.
6.      Melakukan pengukuran terhadap besaran turunan secara langsung dan tidak langsung.
7.      Menganalisis ketidakpastian dalam suatu proses pengukuran.
8.      Mengolah data yang telah dikumpulkan dari suatu pengukuran.

E. Materi Pembelajaran
          Pengukuran Panjang, Massa, dan Waktu

F. Metode Pembelajaran

1.      Model:         - Direct Instruction (DI)
                                        -  Cooperative Learning

               2.  Metode :      -  Diskusi kelompok
                                        -  Eksperimen
                                        -  Ceramah

G. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama

            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
    -   Apakah panjang tergolong besaran pokok atau besaran turunan?
    -   Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
l  Prasyarat pengetahuan:
    -  Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok?
    -  Apakah yang dimaksud dengan satuan Sistem Internasional (SI)?
        
b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian besaran.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pengukuran.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI) dalam pengukuran.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran pokok.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai nilai satuan standar untuk besaran-besaran pokok yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan satuan Sistem Internasional untuk besaran turunan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran turunan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan penggunaan awalan-awalan satuan yang dibakukan dalam fisika yang disampaikan oleh guru.
l  Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan lima contoh analisis dimensi dari besaran turunan.
l  Guru memeriksa penulisan analisis dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. 

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal (bisa berupa Latihan Akhir Bab nomor 1 dan 2). 
Pertemuan Kedua
   
   a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-         Bagaimana cara mendapatkan hasil pengukuran yang tepat?
-         Mengapa diperlukan pengukuran yang tepat? Hubungkan pertanyaan ini dengan dunia keteknikan yang membutuhkan presisi dan akurasi yang tinggi.

l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Apa yang dimaksud dengan pengukuran?

l  Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang digunakan dalam                     pengukuran.
                       
 b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran secara langsung dan pengukuran secara tidak langsung dalam fisika dan kehidupan sehari-hari.
l  Guru menjelaskan definisi dari istilah akurasi dan presisi, kemudian memberikan contohnya melalui benda nyata, misalnya mur, baut, dan sebagainya.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
l  Guru mempresentasikan bagian-bagian mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup dan menunjukkannya kepada peserta didik dengan menggunakan bagan, presentasi powerpoint, dan sebagainya.
l  Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika terdapat kesalahan langsung diberi umpan balik.
l  Guru mendemontrasikan langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek, cara membaca skala, menentukan nilai, dan membandingkan tingkat ketelitian dari hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
l  Peserta didik mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan oleh guru secara berkelompok (Kegiatan pada buku Fisika untuk SMK jilid I Bab I Halaman 22).
l  Guru memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Guru menjelaskan pengukuran secara tidak langsung untuk besaran panjang, massa, dan waktu.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran besaran turunan.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengukur luas dan volume banda yang berbentuk teratur dan tidak teratur.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. 

Pertemuan Ketiga
   
   a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-         Apa manfaat melakukan pengukuran berulang?
-         Berapakah angka penting dari bilangan 0,00006007?

l  Prasyarat pengetahuan:
            -    Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil                     mungkin?
    -    Bagaimana cara menentukan jumlah angka penting?

 b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakpastian dalam pengukuran.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam pengukuran.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan jenis-jenis ketidakpastian dalam pengukuran.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan jumlah angka penting.
l  Guru memberikan contoh soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting.
l  Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai menentukan jumlah angka penting di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara pengolahan data dari hasil pengukuran.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan contoh pengolahan data dari hasil pengukuran tebal sehelai kertas dengan menggunakan mikrometer sekrup yang disampaikan oleh guru.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal (fisika.


H. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMK dan MAK Jilid I (Erlangga) halaman 1-26
  b. Lembar kerja
  c. Alat dan bahan praktikum
             
I. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian:
 -  Tes unjuk kerja
 -  Tes tertulis                   
            b. Bentuk Instrumen:
  -  Uji petik kerja produk
 -  PG
 -  Uraian
            c. Contoh Instrumen:
                     -   Contoh uji petik kerja produk
                              Isilah tabel berikut dengan mengamati skala pada beberapa alat-alat ukur                                        panjang. Tentukan nst serta ketidakpastiannya.
                                   
No
Alat ukur panjang
nst
ketidakpastian
1



2



3



4




-  Contoh tes PG
     Pasangan besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem Internasional   adalah ....
       a. waktu, menit                           
       b. panjang, inci
                               c. massa, kilogram
                               d. suhu, celcius
                               e. jumlah zat, candela

-  Contoh tes uraian
Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?
                                  ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMK Farmasi & TKJ                                                  Guru Mata Pelajaran



Arif Fadholi W.A, S.Pd.I                                                        Bagus Safitri, S.Pd

No comments:

Post a Comment