Pages

July 13, 2011

RPP Kimia-Gugus fungsi senyawa ester

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/ Semester : XI/ II

Standar Kompetensi : Memahami gugus fungsi senyawa ester sebagai senyawa karbon.

Kompetensi Dasar : Memahami gugus fungsi ester, tatanama IUPAC sifat-sifat dan cara pembentukan (reaksi esterifikasi), jenis-jenis ester serta mengetahui manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator : ● Menuliskan tatanama IUPAC dari ester.
● Menyebutkan sifat-sifat ester.
● Menjelaskan cara pembentukan ester (raksi esterifikasi).
● Menyebutkan jenis-jenis ester.
● Menjelakan manfaat ester dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah menerima materi, siswa dapat memahami gugus fungsi ester, tatanama IUPAC sifat-sifat dan cara pembentukan (reaksi esterifikasi) jenis-jenis ester serta mengetahui manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran
 Gugus fungsi senyawa ester
- Tatanama IUPAC.
- Sifat-sifat ester.
- Reaksi esterifikasi dan reaksi-reaksi dalam ester.
- Jenis-jenis dan kegunaan ester.

C. Strategi Pembelajaran
 Model : Think Pair and Share.
 Metode : Diskusi.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegitan awal
Apersepsi:
- Guru membuka dengan salam, memulai pelajaran dengan bacaan basmalah dan memberi motivasi pada siswa.
- Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran.
- Guru menerangkan materi yang akan didiskusikan yaitu tentang tatanama, sifat-sifat, reaksi esterifikasi, jenis-jenis dan kegunaan ester.
 Kegiatan inti
- Siswa berpikir tentang materi yang disampaikan guru.
- Siswa berpasangan dengan teman sebelahnya (dalam kelompok dua orang) dan mengutarakan hasil pikiran masing-masing.
- Siswa mendiskusikan mengenai ester (sifat-sifat, tatanama, pembuatan, jenis-jenis dan kegunaan ester).
- Siswa menyampaikan hasil diskusi.
 Kegiatan akhir
1. Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan oleh siswa.
2. Guru memberi kesimpulan.
3. Guru mengevaluasi
4. Guru memberi peringatan pada siswa agar mempelajari kembali materi yang didapat dan mempelajari materi selanjutnya.
5. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam.

E. Sumber Belajar
- Buku Kimia.
- Peta Konsep.
- LKS.

F. Penilaian
- Teknik : Tes tertulis.
- Bentuk instrumen : Tes uraian.
 Instrumen:
1. Ester mempunyai beberapa sifat Kimia. Sebutkan, Minimal 3!
2. Jelaskan apa yang disebut dengan reaksi esterifikasi! Tuliskan 2 contoh reaksi pembuatan ester (reaksi esterifikasi)!
3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis ester yang ada pada lingkungan kita!
4. Apa manfaat dari senyawa ester dalam kehidupan sehari-hari? Sebutkan dan jelaskan!

 Pedoman Penilaian
1. Sifat-sifat ester antara lain
- Ester lebih mudah menguap dibandingkan dengan asam atau alkohol pembentukannya.
- Ester berbau harum dan banyak ter dapat pada buah.
- Ester sedikit larut dalam air.
- Ester dapat terhidrolisis.
- Ester dapat bereaksi dengan Basa menghasilkan sabun.

2. Reaksi esterifikasi disebut juga reaksi pengesteran.
Reaksi esterifikasi adalah reaksi antara asam karboksilat dengan alkohol dengan pengaruh (katalis) asam sulfat pekat membentuk ester.
Contoh reaksi esterifikasi:
a. Reaksi asam asetat dengan metanol membentuk metil etanoat dan air.


b. Reaksi asam asetat dengan etanol membentuk etil asetat dan air.

3. Dalam lingkungan kita, ada beberapa jenis ester yaitu:
a. Ester buah-buahan.
Ester yang memiliki 10 atom C atau kurang, mempunyai aroma sedap. Ester ini terdapat pada bunga dan buah-buahan sehingga disebut dengan ester buah-buahan.
b. Lilin (wax/ bukan lilin paraffin) adalah ester dari asam karboksilat berantai panjang dengan alcohol berantai panjang.
c. Lemak dan minyak.
Lemak merupakan ester yang terdapat di alam. Lemak berasal dari hewan dan minyak dari tumbuhan.
4. Manfaat ester.
a. Ester mempunyai bau harum (khas yang terdapat pada buah sehingga beberapa senyawa ester digunakan untuk essen (penyedap) atau pengharum.
b. Ester digunakan untuk bahan pembuatan sabun. Ester tersebut mengalami reaksi saponifikasi, yaitu reaksi lemak/ minyak dengan Basa membentuk garam, sabun dan gliserol.
c. Ester digunakan untuk pembuatan margarine dilakukan dengan reaksi hidrogenasi (adisigas hydrogen) terhadap minyak nabati.


Semarang, 6 Mei 2008

Guru Mata Pelajaran Kimia



Fidda Syarofi’atul Lizza

No comments:

Post a Comment