RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK FARMASI & TKJ
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar
Kompetensi
1. Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik.
Kompetensi Dasar
1.4. Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran.
Indikator
1.
Mendeskripsikan
karakteristik gerak pada getaran pegas.
2.
Menjelaskan
hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan.
3.
Menganalisis
gaya simpangan, kecepatan, dan percepatan pada gerak getaran.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian osilasi (getaran).
2.
Menjelaskan
pengertian periode.
3.
Menjelaskan
pengertian amplitudo.
4.
Menjelaskan
pengertian frekuensi.
5.
Menjelaskan
pengertian frekuensi sudut.
6.
Menjelaskan osilasi
pegas pada bidang datar.
7.
Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban.
8.
Menganalisis
simpangan benda yang berosilasi.
9.
Menganalisis
kecepatan benda yang berosilasi.
10.
Menganalisis
percepatan benda yang berosilasi.
11.
Menghitung
simpangan, kecepatan, dan percepatan pada benda yang berosilasi.
12.
Menyebutkan syarat
perubahan panjang pegas yang digantungi beban.
B. Materi Pembelajaran
Gaya
Pegas
C. Metode Pembelajaran1
1.
Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Bagaimana syarat benda dikatakan berosilasi (bergetar)?
1. Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan osilasi (getaran)?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan pegas.
b. Kegiatan Inti
1.
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian osilasi (getaran).
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil pegas, statip, dan beban.
-
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen
mengetahui osilasi pada pegas.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang
telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa
eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar
atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan besaran-besaran dalam gerak getaran pegas.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok mendiskusikan pengertian periode, amplitudo,
frekuensi, dan frekuensi sudut.
1.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
2.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Bagaimana syarat terjadinya osilasi pegas pada bidang datar?
2. Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan posisi setimbang?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan pegas.
b. Kegiatan Inti
2.
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil pegas, statip, dan beban.
-
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen
mengetahui osilasi pegas pada
bidang datar.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang
telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa
eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar
atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru untuk mendapatkan persamaan frekuensi osilasi
benda (frekuensi sudut).
l Peserta didik memperhatikan rumusan untuk menentukan hubungan antara periode getaran
dengan massa beban yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan hubungan antara periode getaran
dengan massa beban yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan
beberapa soal menentukan hubungan antara periode getaran
dengan massa beban untuk
dikerjakan oleh peserta didik.
·
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana mendapatkan persamaan kecepatan osilasi benda?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Bagaimana mendapatkan persamaan simpangan osilasi benda?
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik memperhatikan rumusan untuk mendapatkan persamaan
simpangan osilasi benda yang disampaikan oleh guru.
l Guru menjelaskan rumusan untuk mendapatkan persamaan kecepatan osilasi
benda.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan simpangan dan
kecepatan osilasi benda yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan
beberapa soal menentukan simpangan dan kecepatan osilasi benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
l Peserta didik memperhatikan rumusan untuk mendapatkan persamaan
percepatan osilasi benda yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan percepatan osilasi
benda yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan
beberapa soal menentukan percepatan osilasi benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum.
Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Apa yang terjadi jika sebuah pegas digantungi beban?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah syarat terjadinya perubahan panjang pada pegas yang digantungi beban?
b. Kegiatan Inti
3.
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil pegas, statip, dan beban.
-
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen
mengetahui pengaruh beban yang
digantung pada pegas.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang
telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa
eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar
atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan periode osilasi, panjang
maksimum, dan panjang minimum pegas saat berisolasi yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan
beberapa soal menentukan periode osilasi, panjang maksimum, dan
panjang minimum pegas saat berisolasi untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum.
Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMK FARMASI & TKJ dan MA
Jl. 2A (Esis) halaman 107-112
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-
Tes tertulis
-
Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
l PG
l Uraian
l Uji petik kerja produk
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Sebuah
pegas yang digantungi beban mengalami osilasi dengan
periode
0,2 s. Jika konstanta pegas 1000 N/m, maka massa beban adalah ....
A. 25.000 kg D.
200 g
B. 200 kg
E.
100 g
C. 100 kg
-
Contoh tes uraian
Sebuah
pegas memiliki konstanta 1.000 N/m. Pegas berada di atas lantai datar yang
licin di mana salah satu ujung pegas diikatkan pada tempat yang tetap,
sedangkan ujung lainnya ditambatkan benda bermassa 0,5 kg. Benda disimpangkan
sejauh 10 cm dari posisi setimbang. Tentukan: a) frekuensi osilasi benda, b)
simpangan sebagai fungsi waktu, c) kecepatan sebagai fungsi waktu, dan d)
percepatan sebagai fungsi waktu.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMK FARMASI & TKJ Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment