RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMK
Kelas / Semester : X (Sepuluh)
Mata Pelajaran : FISIKA
A. Standar
Kompetensi
Menginterpretasikan
sifat mekanik bahan
B. Kompetensi Dasar
1. Menguasai konsep elastisitas bahan.
2.
Indikator
-
Mendeskripsikan
karakteristik gaya pada benda elastis berdasarkan data percobaan (grafik).
-
Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data
pengamatan.
-
Menganalisis susunan pegas seri dan paralel.
-
Membandingkan modulus elastisitas dan konstanta
gaya.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
-
Menjelaskan
pengertian sifat elastis.
-
Menyebutkan
aplikasi gaya pegas dalam kehidupan sehari-hari.
-
Menyebutkan
sifat-sifat yang dimiliki oleh gaya pegas.
-
Menjelaskan hukum
Hooke untuk menerangkan perilaku pegas.
-
Menghitung
konstanta pegas yang disusun secara seri dan secara pararel.
-
Menyebutkan
keuntungan pegas yang disusun secara seri dan secara pararel.
-
Menjelaskan osilasi
benda di antara dua pegas.
-
Menjelaskan cara
mengukur massa astronaut.
-
Mendefinisikan
besaran modulus Young, modulus shear, dan modulus bulk.
-
Menghitung
besaran-besaran yang berkaitan dengan elastisitas bahan.
-
Menunjukkan manfaat
sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Pembelajaran
Gaya Pegas dan
Elastisitas Bahan
C. Metode Pembelajaran
l Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Observasi
- Eksperimen
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Apakah yang terjadi
jika sebuah pegas diregangkan?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang
dimaksud dengan sifat elastis?
l Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan pegas.
b. Kegiatan Inti
1.
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat elastis.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi pegas dalam
kehidupan sehari-hari.
l Setiap kelompok
diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l Guru menanggapi
hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Perwakilan dari
tiap kelompok diminta untuk mengambil pegas untuk melakukan eksperimen
elastisitas pegas.
l Peserta didik
diminta untuk mengamati apa yang terjadi jika pegas diregangkan kemudian
dilepaskan kembali.
l Peserta didik
diminta untuk mengamati apa yang terjadi jika pegas ditekan kedua ujungnya
kemudian dilepaskan kembali.
l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang
telah dilakukan.
1.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
2.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa ketika kita
menarik pegas maka terasa kalau pegas juga menarik tangan kita?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Sebutkan sifat-sifat yang
dimiliki oleh gaya pegas.
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
pegas.
b. Kegiatan Inti
2.
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan sifat gaya pegas.
l Perwakilan dari
tiap kelompok diminta untuk mengambil pegas untuk melakukan eksperimen
mengetahui sifat-sifat gaya pegas.
3.
Peserta didik dalam setiap kelompok diminta
untuk menarik pegas dan merasakan apa yang terjadi.
4.
Peserta didik dalam setiap kelompok diminta
untuk menekan kedua ujung pegas dan merasakan apa yang terjadi.
l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
5.
Peserta didik dalam kelompoknya membuat
kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
3.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
4.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum Hooke berikut contoh soalnya.
-
Guru memberikan beberapa soal penerapan
hukum Hooke untuk
dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum.
Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan
Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Apakah perbedaan antara pegas yang disusun secara seri dan secara pararel?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah keuntungan menyusun pegas secara seri?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan pegas.
b. Kegiatan Inti
1.
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan susunan pegas.
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil pegas, statip, dan beban.
-
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen
mengetahui perbedaan antara
susunan pegas secara seri dan secara pararel.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang
telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa
eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar
atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
1.
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan perbedaan antara keuntungan menyusun pegas secara seri dan secara
pararel.
2.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
3.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
4.
Peserta didik
memperhatikan cara mendapatkan rumusan menentukan konstanta pengganti untuk
pegas yang disusun secara seri dan secara pararel.
·
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan konstanta pengganti untuk pegas yang
disusun secara seri dan secara pararel yang disampaikan oleh guru.
·
Guru memberikan beberapa soal menentukan
konstanta pengganti untuk pegas yang disusun secara seri dan secara pararel untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEEMPAT
a.
Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana konstanta pegas pengganti dari pegas yang disusun secara pararel jika dibandingkan secara
seri lebih besar atau lebih kecil?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Bagaimana cara menghitung konstanta pegas?
l Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah dalam menggunakan pegas.
b. Kegiatan Inti
6.
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menghitung konstanta
pegas.
l Perwakilan dari
tiap kelompok diminta untuk mengambil dua buah pegas, beban 1 dan 2 kg, mistar,
dan statip.
l Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengukur konstanta
pegas (Kegiatan 5.1
h.115).
l Peserta didik
dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang
telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
7.
Peserta didik
menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan hasil eksperimen dalam lembar kerja
yang telah disiapkan oleh guru.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum.
Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan.
c.
Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KELIMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Bagaimana syarat terjadinya osilasi benda diantara dua pegas?
-
Bagaimana menimbang massa tubuh astronaut yang berada
di luar angkasa?
1. Prasyarat pengetahuan:
-
Bagaimana menghitung besarnya konstanta efektif pada benda yang diikatkan di antara dua pegas?
- Bagaimana cara mengukur massa astronaut
dengan menggunakan dua pegas?
b. Kegiatan Inti
1.
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan osilasi benda diantara dua pegas.
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil pegas, statip, dan beban.
-
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen
mengetahui osilasi benda
diantara dua pegas.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang
telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa
eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar
atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik memperhatikan rumusan untuk menentukan besar gaya total
yang dialami benda ketika diikatkan di antara dua pegas yang disampaikan oleh
guru.
l Guru menjelaskan rumusan untuk menentukan konstanta efektif pada benda
yang diikatkan di antara dua pegas.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan konstanta efektif
pada benda yang diikatkan di antara dua pegas yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan
beberapa soal menentukan konstanta efektif pada benda yang diikatkan
di antara dua pegas untuk
dikerjakan oleh peserta didik.
·
Guru mengoreksi jawaban
peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik
yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
·
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mengukur massa astronaut dengan
menggunakan dua pegas berikut contoh soalnya.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEENAM
a. Kegiatan
Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Apakah benda selain pegas memiliki sifat elastis?
-
Bagaimana modulus geser tulang jika dibandingkan dengan modulus geser besi lebih besar atau lebih kecil?
2. Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan modulus Young?
- Apakah yang dimaksud dengan modulus geser?
b. Kegiatan Inti
2.
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian modulus Young.
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan nilai modulus Young dari beberapa jenis bahan.
-
Peserta didik
memperhatikan rumusan untuk menentukan tegangan dan regangan dari suatu benda
yang disampaikan oleh guru.
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan tegangan dan regangan dari suatu benda
yang disampaikan oleh guru.
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan
tegangan dan regangan dari suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
-
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian modulus geser (Shear modulus) dan modulus volum
(Bulk modulus).
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan nilai modulus geser dan modulus volum dari beberapa jenis bahan.
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan modulus geser pada beberapa
soal untuk menentukan pergeseran suatu benda.
-
Peserta didik
memperhatikan penerapan modulus volum pada beberapa soal untuk menentukan
perubahan tekanan yang terjadi pada suatu benda yang disampaikan oleh guru.
-
Guru memberikan
beberapa soal penerapan modulus geser dan modulus volum untuk dikerjakan oleh peserta didik.
-
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
·
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai keistimewaan dari modulus geser pada
tulang manusia.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMK FARMASI & TKJ dan MA
Jl. 2A (Esis) halaman 101-140
b. Buku referensi yang relevan
c. Lembar kerja
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-
Tes tertulis
-
Penugasan
-
Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
l PG
l Uraian
l Proyek ilmiah
l Uji petik kerja produk
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Sebuah
pegas mengalami pertambahan panjang 2,5 cm ketika ditarik dengan gaya 2 N.
Konstanta pegas tersebut adalah ....
A. 0,8 N/m D.
8.00 N/m
B. 8 N/m E.
8.000 N/m
C. 80 N/m
-
Contoh tes uraian
Panjang
tali raket mula-mula 30 cm dengan diameter 1,0 m. Bila tali ditarik dengan gaya
250 N, berapakah pertambahan panjang tali? Diketahui: modulus Young nilon
adalah 5x105 N/m2.
-
Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang pemanfaatan
pegas sebagai produk teknologi dalam keseharian.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMK FARMASI & TKJ Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment