Pages

October 10, 2011

RPP FISIKA SMK-BAB IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         : SMK
Kelas / Semester           : X (Sebelas)
Mata Pelajaran            : FISIKA

A. Standar Kompetensi
Menerapkan konsep fluida

B. Kompetensi Dasar
1.      menguasai hukum fluida statis.
2.      menguasai hukum fluida dinamis.
3.      menghitung fluida statis.
4.      menghitung fluida dinamis.


C. Indikator
1.      Menganalisis hukum dasar fluida statik.
2.      Mengaplikasikan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari.
3.      Menganalisis hukum dasar fluida dinamik.
4.      Mengaplikasikan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari.

D. Tujuan Pembelajaran
            Peserta didik dapat:
1.      Memahami sifat-sifat fluida ideal
2.      Menjelaskan pengertian tekanan hidrostatik.
3.      Menjelaskan faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatik.
4.      Menyebutkan sifat tekanan hidrostatik.
5.      Menunjukkan pengaruh tekanan atmosfer terhadap tekanan hidrostatik.
6.      Menjelaskan tekanan hidrostatik yang terjadi pada pipa-U.
7.      Menunjukkan aplikasi dari pengetahuan tentang tekanan hidrostatik pada kehidupan sehari-hari.
8.      Menjelaskan tekanan gas dalam ruang tertutup.
9.      Menghitung tekanan gas dalam ruang tertutup.
10.  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi besarnya gaya angkat Archimedes.
11.  Membuktikan berlakunya hukum Archimedes.
12.  Membedakan konsep tenggelam, melayang, dan terapung.
13.  Menunjukkan aplikasi dari hukum Archimedes pada kehidupan sehari-hari.
14.  Menyebutkan bunyi hukum Pascal.
15.  Menunjukkan aplikasi dari hukum Pascal dalam teknologi.
16.  Menjelaskan tegangan permukaan pada suatu fluida.
17.  Membedakan konsep adhesi dan kohesi.
18.  Membedakan syarat terjadinya fluida dengan permukaan cekung dan cembung.
19.  Menjelaskan pengertian laju aliran fluida.
20.  Menjelaskan pengertian debit aliran fluida.
21.  Menghitung laju dan debit aliran fluida.
22.  Menjelaskan persamaan kontinuitas.
23.  Menjelaskan pengertian kompresibilitas.
24.  Membedakan aliran laminer dan aliran turbalen.
25.  Menjelaskan hukum Bernoulli yang didasarkan pada hukum kekekalan energi mekanik dalam fluida.
26.  Menerapkan dan memanfaatkan hukum Bernoulli untuk mengukur laju aliran fluida.
27.  Menjelaskan aplikasi hukum Bernoulli dalam kehuidupan sehari-hari.
28.  Menjelaskan pengertian viskositas.
29.  Menyebutkan faktor yang mempengaruhi viskositas.
30.  Menjelaskan manfaat persamaan Poiseulle dan hukum Stokes.
31.  Menjelaskan pengertian bilangan Reynolds.
32.  Menunjukkan fenomena gesekan udara pada benda yang bergerak.

E. Materi Pembelajaran
            Statika Fluida dan Dinamika Fluida

F. Metode Pembelajaran
   1.  Model      :   -  Direct Instruction (DI)
                                        -  Cooperative Learning
               2.  Metode    :  -  Diskusi kelompok
                                        -  Observasi
                                        -  Eksperimen
                                        -  Ceramah

G. Langkah-langkah Kegiatan


Pertemuan Pertama

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Mengapa para penyelam yang menyelam di laut cukup dalam melengkapi diri mereka dengan alat penutup telinga?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan tekanan hidrostatik?

b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian tekanan hidrostatik.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatik.
l  Perwakilan peserta didik dalam setiap kelompok diminta untuk menyebutkan sifat tekanan hidrostatik.
l  Peserta didik memperhatikan pengaruh tekanan atmosfer terhadap tekanan hidrostatik yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan tekanan hidrostatik  yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan hidrostatik untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Pertemuan Kedua

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l  Mengapa hanya dengan putaran yang ringan sebuah dongkrak dapat mengangkat mobil yang bobotnya sangat besar?
l  Bagaimana cara kerja rem hidrolik pada kendaraan bermotor?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      konsep tekanan hidrostatis

b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Pascal.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum Pascal.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai aplikasi konsep hukum Pascal dalam teknologi.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi hukum Pascal yang disampaikan oleh guru (Fisika SMK dan MAK halaman 118)
l  Guru memberikan beberapa soal aplikasi hukum Pascal untuk dikerjakan oleh peserta didik (Fisika SMK dan MAK halaman 118).
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

          c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



Pertemuan Ketiga

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l Bagaimana membuktikan berlakunya hukum Archimedes?
l Bagaimana kapal selam bekerja?
l  Prasyarat pengetahuan:
l  Bagaimana aplikasi konsep tekanan hidrostatik dalam kehidupan
sehari-hari?
l  Pra eksperimen:
-      Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan konsep tenggelam, melayang, dan terapung.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi konsep tenggelam, melayang, dan terapung yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal aplikasi konsep tenggelam, melayang, dan terapung untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gaya angkat Archimedes.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor yang mempengaruhi besarnya gaya angkat Archimedes.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil benda A bermassa 100 g, benda B bermassa 500 g, neraca pegas, gelas berpancuran berisi air, gelas ukur, dan minyak tanah.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen membuktikan berlakunya hukum Archimedes (Fisika SMK dan MAK Kegiatan Hal. 121).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan hasil eksperimen dalam lembar kerja yang telah disiapkan oleh guru.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Pertemuan keempat

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana aplikasi tekanan hidrostatik dalam kehidupan sehari-hari?
-      Bagaimana mengukur massa jenis suatu fluida yang belum diketahui?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan massa jenis
-      Bagaimana mengukur dan menghitung massa jenis?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tentang kondisi satu fluida dalam pipa-U.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tentang kondisi dua fluida yang berbeda dalam pipa-U.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan mengapa terjadi perbedaan ketinggian fluida pada pipa-U.
l  Guru memberikan penjelasan jika peserta didik salah.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru bagaimana mendapatkan rumus massa jenis dalam pipa-U melalui hukum Pascall.
l  Guru memberikan contoh soal mengenai fluida dalam pipa-U.
l  Guru memberikan latihan mengenai fluida dalam pipa-U.
l  Guru mempersilakan dua atau tiga orang menyelesaikan latihan di papan tulis secara bersamaan dan selanjutnya menjelaskan jawaban yang tepat.

          c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


Pertemuan kelima

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana mekanisme kerja alat SPBU?
-      Mengapa air yang keluar dari kran makin ke bawah laju air makin besar?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan debit aliran?
-      Bagaimana bentuk persamaan kontinuitas?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian laju aliran fluida.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian debit aliran.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan debit aliran.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan laju dan debit aliran yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan laju dan debit aliran untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan persamaan kontinuitas.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi persamaan kontinuitas yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal aplikasi persamaan kontinuitas untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

          c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


Pertemuan keenam

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Mengapa pesawat bisa naik dan bisa turun meskipun mesin pesawat hanya
menghasilkan daya dorong ke arah depan?
-      Mengapa perahu layar yang memiliki dua buah layar dapat bergerak ke
arah yang berlawanan dengan arah angin?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Sebutkan bunyi hukum Bernoulli.
-      Bagaimana aplikasi konsep hukum Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Bernoulli.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum Bernoulli.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan hukum Bernoulli.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan hukum Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari.
-         Guru membagi tugas kelompok:
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada venturimeter.
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada tabung pitot.
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada gaya angkat pada pesawat terbang.
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada penyemprot parfum.
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada perahu layar.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
1.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
2.      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


Pertemuan Ketujuh

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l  Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya viskositas ?
l  Apakah fungsi parasut yang digunakan penerjun payung?

l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan viskositas?
-      Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya gesekan udara pada benda yang bergerak?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian viskositas.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor yang mempengaruhi viskositas.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai manfaat persamaan Poiseuille dan hukum Stokes.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi persamaan Poiseuille yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal aplikasi persamaan Poiseuille untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian bilangan Reynolds.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan bilangan Reynolds yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan bilangan Reynolds untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gesekan udara.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fenomena gesekan udara pada benda yang bergerak.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

          c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

H. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMK dan MAK Jilid. 1 (Erlangga) halaman 113-142
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Lembar kerja
  d. Alat dan bahan praktikum

I. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis          
-      Tes unjuk kerja
        b. Bentuk Instrumen:
1. Tes PG
2.    Tes uraian
3.    Tes isian
4.    Uji petik kerja produk

        c. Contoh Instrumen:
-      Contoh tes PG
Peristiwa berikut terjadi karena adanya gaya angkat oleh fluida, kecuali ....
A. posisi pesawat makin lama makin tinggi
B. kapal selam bisa naik atau turun dalam air
C. balon udara dapat naik ke atas
D. kapal laut bisa terapung
E. orang dapat mengambang di laut Mati

-      Contoh tes isian
Air terjun setinggi 10 meter dengan debit 50 m3s-1 dimanfaatkan untuk memutar turbin yang menggerakkan generator listrik. Jika 25% energi air dapat berubah menjadi energi listrik dan g = 10 m/s2, maka daya keluaran generator adalah ....  
-      Contoh tes uraian
Berapakah gaya angkat yang disebabkan oleh prinsip Bernoulli pada sebuah sayap seluas 80 m2 bila laju udara pada sisi atas sayap adalah 340 m/s dan di bawah sayap 290 m/s?

                                  ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMK FARMASI & TKJ                                             Guru Mata Pelajaran



Arif Fadholi W.A, S.Pd.I                                                          Hari Murti S.N, S.Pd

No comments:

Post a Comment

Post a Comment