Pages

October 10, 2011

RPP IPA SMK-III


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama Sekolah                 : SMK FARMASI & TKJ
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester               : X (sepuluh)/1 (satu)
Program                         : Semua program keahlian


Standar Kompetensi      : 1. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar          : 1.1 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik

Indikator                        :
·      Menjelaskan ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia
·      Menyebutkan contoh jenis virus, bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia beserta manfaatnya
·      Menyebutkan contoh jenis virus, bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia beserta kerugian yang ditimbulkannya
·      Mengaplikasikan peranan bakteri dan jamur dalam menghasilkan bahan pangan

Alokasi Waktu                : 10 x 45 menit (5 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Mengetahui ciri virus dan peranannya dalam kehidupan manusia
·       Mengetahui ciri bakteri dan peranannya dalam kehidupan manusia
·      Mengetahui ciri protista dan peranannya dalam kehidupan manusia
·      Mengetahui ciri jamur dan peranannya dalam kehidupan manusia

B. Materi Pokok Pembelajaran
·      Peranan mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia

C. Metode Pembelajaran
·      Presentasi
·      Diskusi
·      Observasi
·      Tanya jawab
·      Penugasan

D. Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ke-1                  Pembuka
(2 x 45’)


a.      Siswa ditanya tentang pengertian mikroorganisme dan menyebutkan makhluk hidup yang tergolong mikroorganisme.
b.     Siswa ditanya pengetahuan mereka tentang virus dan bakteri.
Inti













a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri virus dan peranannya dalam kehidupan manusia (mengacu materi buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kls X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 54-55).Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis virus yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan beserta penyakit yang ditimbulkannnya.
b.     Siswa diminta menyebutkan contoh pemanfaatan virus oleh manusia.
c.      Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri bakteri dan peranannya dalam kehidupan manusia (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 56-59).
d.     Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan beserta penyakit yang ditimbulkannya.
e.      Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis bakteri yang dapat dimanfaatkan oleh manusia beserta pemanfaatannya.
                         Penutup
·           Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk pengamatan bentuk bakteri di pertemuan selanjutnya.

Ke-2                           Pembuka

(2 x 45’)       



a.      Siswa ditanya kembali mengenai ciri bakteri.
b.     Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk pengamatan bentuk bakteri (Kegiatan 3.1 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 59-60).

                                                   Inti

 

a.      Siswa mengerjakan pembuatan preparat untuk pengamatan bentuk bakteri.
b.     Siswa melakukan pengamatan bentuk bakteri menggunakan mikroskop.
c.      Siswa menggambar dan mengidentifikasi bentuk-bentuk bakteri yang berhasil mereka amati.

                                          Penutup

·            Siswa diminta mengumpulkan gambar bentuk bakteri yang telah mereka buat.

Ke-3                     Pembuka
(2 x 45’)
·           Siswa ditanya pengetahuan mereka tentang protista dan jamur
Inti

a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri protista dan peranannya dalam kehidupan manusia (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 61-66).
b.     Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis protista yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan beserta penyakit yang ditimbulkannya.
c.      Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis protista yang dapat dimanfaatkan oleh manusia beserta pemanfaatannya.
d.     Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri jamur dan peranannya dalam kehidupan manusia (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 67-68).
e.      Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis jamur yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan beserta penyakit yang ditimbulkannya.
f.      Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis jamur yang dapat dimanfaatkan oleh manusia beserta pemanfaatannya.
Penutup
·         Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk pengamatan bentuk protozoa dan algae di pertemuan selanjutnya.

Ke-4                  Pembuka
(2 x 45’)

a.      Siswa ditanya kembali mengenai ciri protozoa dan algae.
b.     Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk pengamatan bentuk protozoa dan algae (kegiatan 3.4 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 65).
Inti

a.      Siswa mengerjakan pembuatan preparat untuk pengamatan bentuk protozoa dan algae.
b.     Siswa melakukan pengamatan bentuk protozoa dan algae menggunakan mikroskop.
c.      Siswa menggambar dan mengidentifikasi bentuk-bentuk protozoa dan algae yang berhasil mereka amati.
Penutup
a.      Siswa diminta mengumpulkan gambar bentuk protozoa dan algae yang telah mereka buat.
b.     Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan pada pertemuan selanjutnya.

Ke-5                                Pembuka

(2 x 45’)




a.      Siswa ditanya kembali mengenai ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur.
b.     Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan (Kegiatan 3.2, kegiatan 3.3, dan kegiatan 3.5 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 60, 61, dan 68).
Inti

 

·         Siswa melakukan praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan.

                                           Penutup

·         Siswa diminta melanjutkan proses pembuatan nata de coco, yoghurt, dan tape ketan di rumah pada hari-hari berikutnya, sesuai urutan cara kerja.


E. Sumber Belajar
- Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas X, karya Tia Mutiara,dkk
   terbitan Erlangga 2008 (halaman 53-72)
- Lingkungan sekitar
- Sumber informasi lain: koran, majalah, website internet, dll
F. Penilaian
·       Teknik Penilaian
ü  Tes tertulis
ü  Observasi kinerja
ü  Produk
·       Bentuk Instrumen
ü  Tes uraian
ü  Kegiatan praktikum 
ü  Uji petik kerja produk
·       Contoh Penilaian
ü  Tes uraian: Sebutkan tiga contoh bakteri yang menimbulkan penyakit pada manusia.
ü  Kegiatan praktikum: Buatlah preparat untuk mengamati bentuk bakteri.
ü  Uji petik kerja produk: Buatlah gambar bentuk bakteri.

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mapel



Arif Fadholi, S.Pd.I                                                                                              Putik Annisa, S.Pd

No comments:

Post a Comment