RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
FARMASI & TKJ
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : X
(sepuluh)/1 (satu)
Program :
Semua program keahlian
Standar Kompetensi : 1. Memahami gejala-gejala
alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh
informasi gejala alam biotik
Indikator :
·
Mendeskripsikan keanekaragaman makhluk hidup
di lingkungan sekitar
·
Menjelaskan macam-macam tingkat
keanekaragaman makhluk hidup
·
Menjelaskan keunikan keanekaragaman makhluk
hidup di Indonesia dan manfaatnya
·
Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keanekaragaman makhluk hidup
·
Menjelaskan manfaat dan dasar klasifikasi
makhluk hidup
·
Mengklasifikasikan makhluk hidup di
lingkungan sekitar berdasarkan ciri tertentu
·
Menjelaskan sistem-sistem klasifikasi makhluk
hidup
·
Menjelaskan kingdom-kingdom makhluk hidup
·
Menjelaskan tata cara penamaan ilmiah makhluk
hidup
Alokasi Waktu : 16 ´ 45 menit (8 pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
·
Memahami berbagai tingkat keanekaragaman makhluk hidup
·
Mengetahui keunikan keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia
·
Mengetahui manfaat keanekaragaman makhluk hidup
·
Mengetahui pengaruh manusia terhadap keanekaragaman makhluk hidup
·
Memahami dasar pengklasifikasian makhluk hidup
·
Mengetahui sistem-sistem klasifikasi
·
Mengetahui klasifikasi enam kingdom
·
Memahami cara penamaan makhluk hidup
B. Materi Pokok
Pembelajaran
·
Keanekaragaman makhluk hidup
·
Klasifikasi makhluk hidup
C. Metode Pembelajaran
·
Presentasi
·
Diskusi kelompok
·
Observasi
·
Tanya jawab
·
Penugasan
D. Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Ke-1 Pembuka
(2 x 45’)
|
a. Siswa diminta menyebutkan berbagai jenis makhluk hidup
yang pernah mereka lihat.
b. Siswa ditanya mengenai makhluk hidup yang belum pernah
mereka lihat secara langsung namun mereka ketahui.
|
Inti
|
a. Siswa diajak berdiskusi mengenai pengertian
keanekaragaman makhluk hidup.
b. Siswa diminta berkelompok dan melakukan pengamatan
terhadap jenis-jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekolah (kegiatan
2.1 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia
Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 21) .
c. Siswa diajak berdiskusi mengenai hasil pengamatan dan
menghubungkan hasil pengamatan mereka dengan pengertian keanekaragaman
makhluk hidup.
|
Penutup
|
·
Siswa diminta mendeskripsikan keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan
sekolah.
|
Ke-2 Pembuka
(2 x 45’)
|
a. Siswa ditanya mengenai perbedaan antara
hewan-hewan yang hidup di hutan hujan
tropis dengan hewan-hewan yang hidup di gurun.
b. Siswa ditanya mengenai perbedaan antarjenis hewan yang
hidup di hutan hujan tropis (misalnya perbedaan harimau dengan badak, ngengat
dengan kumbang).
c. Siswa ditanya mengenai perbedaan dalam populasi satu
jenis hewan (misalnya perbedaan pola loreng pada harimau atau warna rambut
kucing)
|
Inti
|
a. Siswa diajak berdiskusi mengenai macam-macam tingkat
keanekaragaman makhluk hidup (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan
alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008
hal. 22-26).
b. Siswa diminta menyebutkan beberapa contoh
keanekaragaman untuk masing-masing tingkat keanekaragaman makhluk hidup.
c. Siswa melakukan pengamatan terhadap variasi pola sidik
jari antarteman sekelas untuk menunjukkan contoh keanekaragaman tingkat gen
(kegiatan 2.2 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya
Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 26-27).
|
Penutup
|
·
Siswa ditanya kembali mengenai tingkat keanekaragaman makhluk hidup.
|
Ke-3
Pembuka
(2 x 45’)
|
a.
Siswa ditanya macam-macam ekosistem yang ada di Indonesia.
b.
Siswa ditanya berbagai jenis makhluk hidup yang ada di masing-masing
ekosiststem tersebut.
|
Inti
|
a. Siswa diajak berdiskusi mengenai keunikan
keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia (mengacu materi pada buku ilmu
pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan
Erlangga 2008 hal. 28-31).
b. Siswa diminta menyebutkan ciri-ciri dan contoh-contoh
hewan tipe oriental, australia, dan peralihan.
c. Siswa diminta menyebutkan contoh hewan dan tumbuhan
endemik di Indonesia beserta wilayahnya.
d. Siswa diajak berdiskusi mengenai manfaat keanekaragaman
makhluk hidup (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK
dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 31-33).
|
Penutup
|
·
Siswa menyimpulkan pentingnya melestarikan keanekaragaman makhluk hidup.
|
Ke-4
Pembuka
(2 x 45’)
|
·
Siswa ditanya kembali manfaat keanekaragaman
makhluk hidup
|
Inti
|
a. Siswa diajak berdiskusi mengenai pengaruh kegiatan
manusia terhadap keanekaragaman makhluk hidup (mengacu materi pada buku
ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk
terbitan Erlangga 2008 hal. 33-36).
b. Siswa diminta menyebutkan contoh kegiatan manusia yang
dapat merusak keanekaragaman makhluk hidup.
c. Siswa diajak berdiskusi mengenai kegiatan-kegiatan
manusia yang merusak keanekaragaman
makhluk hidup.
d. Siswa diminta menyebutkan contoh kegiatan manusia yang
dapat melestarikan keanekaragaman makhluk hidup.
e. Siswa diajak berdiskusi mengenai kegiatan-kegiatan
manusia yang melestarikan keanekaragaman makhluk hidup.
|
Penutup
|
·
Siswa mengidentifikasi kegiatan-kegiatan
yang dapat mereka aplikasikan untuk turut berperan melestarikan
keanekaragaman makhluk hidup.
|
Ke-5 Pembuka
(2 x 45’)
|
·
Siswa ditanya contoh klasifikasi/pengelompokan sederhana yang pernah
mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari (misalnya mengelompokkan buku
sesuai mata pelajaran di rak meja belajar, mengelompokkan pakaian di lemari)
|
Inti
|
a. Siswa diajak berdiskusi mengenai pengertian dan manfaat
klasifikasi makhluk hidup (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam
untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal.
38).
b. Siswa mengidentifikasi urutan tingkat takson yang
digunakan dalam klasifikasi makhluk hidup (mengacu materi pada buku ilmu
pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan
Erlangga 2008 hal. 39).
c. Siswa diajak berdiskusi mengenai dasar-dasar yang
digunakan untuk klasifikasi makhluk hidup (mengacu materi pada buku ilmu
pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan
Erlangga 2008 hal. 39-40).
d. Siswa diminta memberikan contoh hasil klasifikasi
dengan menggunakan dasar tertentu.
|
Penutup
|
·
Siswa ditanya kembali mengenai manfaat dan dasar klasifikasi makhluk
hidup.
|
Ke-6 Pembuka
(2 x 45’)
|
·
Siswa ditanya kembali mengenai beberapa dasar klasifikasi makhluk hidup.
|
Inti
|
a. Siswa diminta berkelompok dan melakukan pengamatan
terhadap beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekolah
(Kegiatan 2.3 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya
Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 40).
b. Siswa diminta berdiskusi dalam kelompok untuk melakukan
klasifikasi terhadap jenis-jenis makhluk hidup yang mereka amati.
c. Siswa menuliskan hasil klasifikasi makhluk hidup yang
mereka lakukan dalam bentuk skema dikotomis.
d. Siswa membandingkan dan mendiskusikan hasil klasifikasi
kelompok mereka dengan kelompok lain.
|
Penutup
|
a. Siswa diminta mengumpulkan skema dikotomis yang telah
mereka buat.
b. Guru bersama siswa menyimpulkan hasil kegiatan.
|
Ke-7 Pembuka
(2 x 45’)
|
a. Siswa ditanya pengetahuan mereka tentang tokoh-tokoh
taksonomi.
b. Siswa ditanya pengetahuan mereka tentang sistem
klasifikasi.
|
Inti
|
a. Siswa menyimak penjelasan guru tentang sistem-sistem
klasifikasi makhluk hidup (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam
untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal.
40-42).
b. Siswa diajak berdiskusi mengenai perkembangan
klasifikasi kingdom makhluk hidup, dari klasifikasi dua kingdom hingga
klasifikasi enam kingdom yang berlaku saat ini (mengacu materi pada buku
ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk
terbitan Erlangga 2008 hal. 42).
c. Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri dan peranan
kingdom Archaebacteria, Eubacteria, Protista, dan Fungi dalam ekosistem (mengacu
materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia
Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 43-45).
d. Siswa diminta memberikan contoh jenis makhluk hidup
yang termasuk dalam kingdom Archaebacteria, Eubacteria, Protista, dan Fungi.
|
Penutup
|
·
Siswa ditanya kembali mengenai sistem klasifikasi dan klasifikasi enam
kingdom.
|
Ke-8 Pembuka
(2 x 45’)
|
·
Siswa diminta menyebutkan kembali kingdom-kingdom makhluk hidup dalam
klasifikasi enam kingdom.
|
Inti
|
a. Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri dan peranan
kingdom Plantae dan Animalia dalam ekosistem (mengacu materi pada buku
ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk
terbitan Erlangga 2008 hal. 45-48).
b. Siswa diminta memberikan contoh jenis makhluk hidup
yang termasuk dalam kingdom Plantae dan Animalia.
c. Siswa diajak berdiskusi mengenai tata cara penamaan
ilmiah makhluk hidup (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk
SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 48).
|
Penutup
|
·
Siswa ditanya kembali mengenai klasifikasi enam kingdom dan tata cara
penamaan ilmiah makhluk hidup yang benar.
|
|
E. Sumber Belajar
- Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK
kelas X, karya Tia Mutiara,dkk
terbitan
Erlangga 2008 (halaman 19-52)
- Lingkungan sekitar
- Sumber
informasi lain: koran, majalah, website internet, dll
F. Penilaian
·
Teknik Penilaian
ü
Tes tertulis
ü
Produk
·
Bentuk Instrumen
ü
Tes uraian
ü
Tugas kelompok
ü
Uji petik kerja produk
·
Contoh Penilaian
ü
Tes uraian: Jelaskan manfaat klasifikasi makhluk hidup.
ü Tugas kelompok:
Lakukanlah pengamatan secara berkelompok terhadap jenis-jenis makhluk hidup
yang ada di lingkungan sekolah.
Uji petik kerja produk:
Buatlah hasil klasifikasi makhluk hidup dalam skema dikotomis.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mapel
Arif Fadholi, S.Pd Ike Apriyaningrum, S.Pd
No comments:
Post a Comment