Pages

October 10, 2011

RPP IPA SMK - I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                 : SMK FARMASI & TKJ
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester               : X (sepuluh)/1 (satu)
Program                         : Semua program keahlian

Standar Kompetensi      : 1. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar          : 1.1 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik

Indikator                        :
·      Menjelaskan pengertian dan ciri ilmu pengetahuan alam (sains)
·      Membuat laporan hasil diskusi mengenai perkembangan sains dan teknologi di Indonesia
·      Menjelaskan keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah
·      Memberikan contoh penerapan keterampilan proses sains
·      Menjelaskan pengertian metode ilmiah dan langkah-langkah metode ilmiah
·      Mengaplikasikan langkah-langkah metode ilmiah
·      Membuat laporan penelitian mengenai pertumbuhan tanaman
·      Mempresentasikan hasil penelitian mengenai pertumbuhan tanaman

Alokasi Waktu                 : 10 ´ 45 menit (5 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Memahami hakikat ilmu pengetahuan alam (sains)
·      Memahami dan menerapkan keterampilan proses sains
·      Memahami dan menerapkan metode ilmiah untuk pengamatan gejala alam

B. Materi Pokok Pembelajaran
·      Hakikat ilmu pengetahuan alam (sains)
·      Keterampilan proses sains
·      Metode ilmiah

C. Metode Pembelajaran
·      Presentasi
·      Diskusi kelompok
·      Observasi
·      Tanya jawab
·      Penugasan

D. Kegiatan Pembelajaran

PERTEMUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ke-1                  Pembuka
(2 x 45’)

a.      Siswa diminta menyebutkan berbagai disiplin ilmu yang mereka ketahui.
b.     Siswa ditanya manfaat mempelajari ilmu pengetahuan alam.
                          Inti

a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai pengertian ilmu pengetahuan alam (sains) dan ciri-ciri  ilmu pengetahuan alam (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 2-4) .
b.     Siswa diminta berdiskusi secara berkelompok mengenai perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi di Indonesia saat ini (kegiatan 1.1 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 4).  
c.      Siswa diminta mengumpulkan laporan hasil diskusi
                            Penutup
·           Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian, ciri, dan manfaat ilmu pengetahuan alam.

Ke-2                  Pembuka

(2 x 45’)

·           Siswa ditanya kembali mengenai pengertian dan ciri ilmu pengetahuan alam.

Inti

a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai keterampilan-keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 5-8).
b.     Siswa diminta memberi contoh penerapan masing-masing keterampilan proses sains.
c.      Siswa berlatih mengidentifikasi variabel penelitian dengan mengerjakan kegiatan 1.2 (buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 7-8).
d.     Siswa diajak berdiskusi mengenai hasil kegiatan 1.2.

Penutup

·           Siswa diminta menyebutkan kembali keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah.

Ke-3                  Pembuka
(2 x 45’) 
·           Siswa ditanya pemahaman mereka mengenai penelitian ilmiah dan metode ilmiah.
                           Inti

a.      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pengertian dan langkah-langkah metode ilmiah (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 8-14).
b.     Siswa ditanya contoh penerapan masing-masing langkah metode ilmiah dengan memberikan beberapa kasus atau tema penelitian.
                            Penutup
a.      Siswa diminta menyebutkan kembali langkah-langkah metode ilmiah.
b.     Siswa ditugaskan mengerjakan kegiatan 1.3 (buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 14) untuk berlatih menerapkan metode ilmiah.
Ke-4                  Pembuka
(2 x 45’)
·           Siswa diajak berdiskusi mengenai hasil tugas kegiatan 1.3 yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
Inti
a.      Siswa diminta membentuk kelompok untuk melakukan penelitian mengenai pertumbuhan tanaman (Kegiatan 1.4 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008  hal. 15) .
b.     Siswa diminta berdiskusi dalam kelompok untuk menyusun rancangan penelitian seusia langkah-langkah metode ilmiah (menyusun rumusan masalah, kerangka teori, hipotesis, dan rencana eksperimen/percobaan).
c.      Siswa perwakilan setiap kelompok mempresentasikan rancangan penelitian kelompoknya.
Penutup

a.      Guru memberikan saran dan perbaikan terhadap rancangan penelitian siswa.
b.     Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian sesuai rancangan yang telah dibuat dan menyiapkan laporan hasil penelitian untuk dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

Ke-5                  Pembuka

(2 x 45’)                     
·           Siswa diminta mengumpulkan laporan hasil penelitian dan mempersiapkan materi presentasi.
                          Inti

 

·           Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya di depan kelas disertai tanya-jawab dan diskusi dengan kelompok lain.

Penutup

·      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil kegiatan.
E. Sumber Belajar
- Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas X, karya Tia Mutiara,dkk
   terbitan Erlangga 2008 (halaman 1-17)
- Lingkungan sekitar
- Sumber informasi lain: koran, majalah, website internet, dll

F. Penilaian
·       Teknik Penilaian
ü  Tes tertulis
ü  Observasi kinerja
ü  Produk
·       Bentuk Instrumen
ü  Tes uraian
ü  Tugas kelompok 
ü  Uji petik kerja produk
·       Contoh Penilaian
ü  Tes uraian: Jelaskan pengertian dan langkah-langkah metode ilmiah.
ü  Tugas kelompok: Rancang dan lakukan suatu penelitian mengenai pertumbuhan tanaman secara berkelompok dengan menerapkan metode ilmiah.
ü  Uji petik kerja produk: Buatlah laporan hasil penelitian mengenai pertumbuhan tanaman yang telah kamu kerjakan. 

Mengetahui,
Kepala SMK Farmasi & TKJ                                                                       Guru Mapel




Arif Fadholi, S.Pd.I                                                                                    Ike Apriyaningrum, S.Pd

No comments:

Post a Comment

Post a Comment