RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK FARMASI & TKJ
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar
Kompetensi
1. Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik.
Kompetensi Dasar
1.5.
Menganalisis
hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik.
Indikator
l Mendeskripsikan hubungan antara usaha, gaya, dan
perpindahan.
l Menghitung
besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik.
l Menganalisis
hubungan antara usaha dan energi kinetik.
l Menganalisis
hubungan antara usaha dengan energi potensial.
l Merumuskan
bentuk hukum kekekalan energi mekanik.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian usaha.
2.
Menganalisis
hubungan antara besaran usaha, gaya, dan perpindahan.
3.
Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi usaha.
4.
Menjelaskan teorema
usaha-energi.
5.
Menganalisis
hubungan antara usaha dengan perubahan energi kinetik.
6.
Menghitung kerja
yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah.
7.
Menjelaskan
pengertian daya.
8.
Membedakan gaya
konservatif dan gaya non-konservatif.
9.
Menyebutkan contoh
gaya konservatif dan gaya non-konservatif.
10. Menjelaskan pengertian energi potensial.
11. Menjelaskan
hubungan antara usaha dengan energi potensial.
12. Menghitung usaha yang dilakukan oleh suatu benda akibat gaya konservatif
dan gaya non-konservatif.
13. Menjelaskan pengertian energi mekanik.
B. Materi Pembelajaran
Usaha dan Energi
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
- Apakah lifter yang mengangkat beban
tergolong melakukan usaha?
-
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha.
-
Prasyarat
pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan usaha?
-
Bagaimana mendapatakan rumusan tentang usaha?
b. Kegiatan Inti
-
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian usaha.
-
Peserta didik memperhatikan analisis tentang
hubungan
antara besaran usaha, gaya, dan perpindahan yang disampaikan oleh guru.
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha.
-
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai kesimpulan yang dapat diperoleh dari persamaan W = Fs
cos Ø .
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
-
Guru menanggapi
hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
1.
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan usaha yang dilakukan oleh sebuah benda
yang disampaikan oleh guru.
1.
Guru memberikan beberapa soal menentukan
usaha yang dilakukan oleh sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
2.
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
2. Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
3. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Berapakah usaha total ketika sistem bekerja
dengan kecepatan konstan?
-
Prasyarat
pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan teorema usaha-energi?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat-alat praktikum.
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan teorema usaha-energi.
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil beban, penggaris, tali, dan busur.
-
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen membuktikan teorema usaha-energi.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang
telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa
eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar
atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mendapatkan
rumusan energi kinetik.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi kinetik sebuah
benda yang disampaikan oleh guru.
3.
Guru memberikan beberapa soal menentukan
energi kinetik sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
4.
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta
didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
l Bagaimana menentukan usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarnya
berubah-ubah?
l Bagaimana menentukan daya yang dilakukan oleh sebuah benda?
l Prasyarat pengetahuan:
l Bagaimana menghitung luas daerah di bawah kurva?
l Apakah yang dimaksud dengan daya?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok mendiskusikan cara menentukan usaha yang
dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah.
l Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan
informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara termudah menentukan usaha yang
dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarnya
berubah-ubah yang disampaikan oleh guru.
5.
Guru memberikan beberapa soal menentukan
usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarnya berubah-ubah untuk dikerjakan oleh
peserta didik.
6.
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
7.
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian daya.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mendapatkan
rumusan daya.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan daya sebuah benda
yang disampaikan oleh guru.
8.
Guru memberikan beberapa soal menentukan
daya sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
9.
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Sebutkan macam-macam gaya konservatif.
-
Bagaimana menentukan energi potensial sebuah benda?
-
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan gaya konservatif?
-
Apakah yang dimaksud dengan energi potensial?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik
dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan gaya konservatif dan gaya
non-konservatif.
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan contoh gaya konservatif dan gaya non-konservatif.
l Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan
informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian usaha
oleh gaya konservatif.
l Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian energi potensial.
l Peserta didik memperhatikan cara mendapatkan rumusan energi potensial
sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru membahas soal menentukan
energi potensial sebuah benda.
10.
Guru memberikan beberapa soal menentukan
energi potensial sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
11.
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KELIMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Terdiri dari apa sajakah energi mekanik yang
dimiliki sebuah benda?
-
Apakah persamaan energi potensial (Ep = mgh) berlaku untuk
seluruh lapisan di bumi?
-
Prasyarat
pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan energi mekanik?
-
Apakah persamaan energi potensial gravitasi secara umum?
b. Kegiatan Inti
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian energi
mekanik.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan energi
mekanik.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi mekanik sebuah
benda yang disampaikan oleh guru.
12.
Guru memberikan beberapa soal menentukan
energi mekanik sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
13.
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan energi potensial
gravitasi secara umum.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan energi
potensial gravitasi secara umum.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi potensial
gravitasi secara umum sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
14.
Guru memberikan beberapa soal menentukan
energi mekanik sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
15.
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMK FARMASI & TKJ dan MA
Jl. 2A (Esis) halaman 141-167
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat
dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-
Tes tertulis
-
Tes unjuk kerja
-
Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
l PG
l Isian
l Uraian
l Uji petik kerja produk
l Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Usaha yang dilakukan
oleh gaya 200 N terhadap benda bermassa 10 kg jika benda mengalami perpindahan
2 m adalah ....
A. 20 J D.
400 J
B. 40 J E.
4.000 J
C. 200 J
-
Contoh tes isian
Jika laju sebuah benda diperbesar menjadi dua kali, maka energi kinetiknya menjadi ....
-
Contoh tes uraian
Hitunglah usaha yang dilakukan oleh gaya gravitasi untuk memindahkan benda bermassa 10 kg dari posisi 2 m di atas
permukaan ke posisi tak terhingga.
l Contoh tugas rumah
Carilah artikel yang membahas
pemanfaatan hukum kekekalan energi mekanik dalam teknologi sehari-hari.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMK FARMASI & TKJ Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment