Pages

October 10, 2011

RPP IPA SMK-IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                 : SMK FARMASI & TKJ
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester               : X (sepuluh)/1 (satu)
Program                         : Semua program keahlian



Standar Kompetensi      : 1. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

 Kompetensi Dasar         : 1.2 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik

Indikator                        :
·      Menjelaskan struktur bumi dan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi
·      Membuat laporan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia
·      Menjelaskan fungsi, sifat, dan jenis-jenis air, tanah, dan batuan yang ada di bumi
·      Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta pengaruhnya terhadap kegiatan di bumi
·      Menjelaskan beberapa benda langit yang ada di tata surya

Alokasi Waktu                : 18 x 45 menit (9 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·      Mengetahui struktur bumi
·      Mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada bentuk permukaan bumi
·      Memahami struktur tanah, air, dan batuan di bumi
·      Memahami rotasi dan revolusi bumi
·      Memahami benda langit selain bumi, seperti matahari, bulan, planet, komet, asteroid, dan meteor

B. Materi Pokok Pembelajaran
·      Struktur bumi dan komponennya (air, tanah, dan batuan)
·      Tektonisme, vulkanisme, gempa, dan tsunami sebagai gejala-gejala alam yang mengubah bentuk permukaan bumi
·      Rotasi dan revolusi bumi
·      Matahari, bulan, planet, komet, asteroid, dan meteor sebagai benda langit

C. Metode Pembelajaran
·      Presentasi
·      Diskusi kelompok
·      Observasi
·      Tanya jawab
·      Penugasan

D. Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ke-1                 Pembuka
·          Siswa ditanya pengetahuan mereka tentang bumi.
(2 x 45’)                        Inti
a.      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai struktur bumi (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 74-75).
b.     Siswa mendiskusikan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi, di antaranya adalah tektonisme, vulkanisme, gempa, pelapukan, pengangkutan, pengikisan, dan pengendapan (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 75-83).
c.      Siswa diminta menyebutkan contoh peristiwa tektonisme, vulkanisme, gempa, pelapukan, pengangkutan, pengikisan, dan pengendapan.
d.     Siswa mendiskusikan hubungan gempa dengan tsunami.
Penutup
·         Siswa diminta melakukan studi literatur mengenai peristiwa gempa dan tsunami di Indonesia untuk bahan diskusi pada pertemuan selanjutnya.

Ke-2                   Pembuka

·         Siswa ditanya kembali mengenai gempa dan tsunami.

(2 x 45’)                        Inti

 

a.      Siswa diminta melakukan diskusi dalam kelompok mengenai peristiwa gempa dan tsunami di Indonesia (kegiatan 4.1 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 80).
b.     Siswa diminta menuliskan hasil diskusi dan membuat kerangka laporan hasil diskusi.

Penutup

 

·         Siswa diminta menyiapkan laporan hasil diskusi dan presentasi hasil diskusi kelompok untuk pertemuan selanjutnya.

Ke-3                  Pembuka
(2 x 45’)
a.      Siswa diminta mengumpulkan laporan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami di Indonesia.
b.     Siswa diminta menyiapkan bahan presentasi kelompok.
Inti

·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas disertai tanya-jawab dan diskusi dengan kelompok lain.
Penutup
·         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas

Ke-4                  Pembuka
·         Siswa ditanya pengetahuan mereka mengenai tanah
(2 x 45’)                        Inti


a.      mengatasi Siswa diajak berdiskusi mengenai fungsi tanah, sifat-sifat tanah, dan jenis-jenis tanah (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 83-90).
b.     Siswa diajak berdiskusi mengenai kerusakan tanah dan pentingnya menjaga kualitas tanah (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 90).
c.      Siswa diminta menyebutkan contoh kegiatan yang dapat membantu kerusakan tanah.
Penutup

·         Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk pengamatan daya serap air oleh jenis tanah yang berbeda pada pertemuan selanjutnya.

Ke-5                                          Pembuka

(2 x 45’)


a.      Siswa ditanya kembali mengenai sifat-sifat tanah dan hubungannya dengan kualitas tanah.
b.     Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk pengamatan daya serap air oleh jenis tanah yang berbeda (Kegiatan 4.2 buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 91).
Inti

 

a.      Siswa melakukan pengamatan daya serap air oleh jenis tanah yang berbeda. 
b.     Siswa mendiskusikan hasil pengamatan. 

                                        Penutup

·           Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pengamatan.

Ke-6                                     Pembuka

(2 x 45’)
·           Siswa ditanya pengetahuan mereka mengenai air dan batuan.

                                                   Inti

a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai fungsi, sifat dan jenis-jenis air (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 92-96).
b.     Siswa diajak berdiskusi mengenai fungsi, sifat dan jenis-jenis batuan (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 96-99).
Penutup
·           Siswa menyimpulkan pentingnya menjaga air dan batuan.

Ke-7                                Pembuka

(2 x 45’)
·           Siswa ditanya mengenai peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan rotasi dan revolusi bumi.
Inti

 

a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 99-100).
b.     Siswa melakukan pengamatan terhadap peristiwa rotasi bumi dengan melakukan kegiatan 4.3 (buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 100).
c.      Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan hasil kegiatan.

                                         Penutup

·           Siswa ditanya kembali mengenai rotasi dan revolusi bumi.

Ke-8                               Pembuka

(2 x 45’)
·           Siswa ditanya pengetahuan mereka mengenai matahari dan bulan.
Inti

 

a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai struktur dan komponen matahari serta hubungan matahari dengan kehidupan di bumi (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 101).
b.     Siswa diajak berdiskusi mengenai struktur dan komponen bulan serta hubungan bulan dengan bumi (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 102-105).
c.      Siswa diajak berdiskusi mengenai rotasi dan revolusi bulan serta peristiwa gerhana bulan.
d.     Siswa diminta mengidentifikasi fase-fase bulan dengan mengerjakan kegiatan 4.4 (buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 105-106).

                                          Penutup

·           Siswa ditanya kembali mengenai bulan dan matahari.

Ke-9                                Pembuka

(2 x 45’)
·           Siswa ditanya pengetahuan mereka mengenai planet, komet, asteroid, dan meteor.
Inti

 

a.      Siswa diajak berdiskusi mengenai definisi planet dan planet kerdil serta masing-masing anggotanya di tata surya (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 106-107).
b.     Siswa diajak berdiskusi mengenai struktur dan komponen komet, asteroid, dan meteor (mengacu materi pada buku ilmu pengetahuan alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 hal. 107-108).

                                           Penutup

·           Siswa ditanya kembali mengenai benda langit yang telah dipelajari.

E. Sumber Belajar
- Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas X, karya Tia Mutiara,dkk
   terbitan Erlangga 2008 (halaman 73-111)
- Lingkungan sekitar
- Sumber informasi lain: koran, majalah, website internet, dll

F. Penilaian
·       Teknik Penilaian
ü  Tes tertulis
ü  Observasi kinerja
ü  Produk
·       Bentuk Instrumen
ü  Tes uraian
ü  Kegiatan praktikum
ü  Uji petik kerja produk
·       Contoh Penilaian
ü  Tes uraian: Apa yang dimaksud tektonisme dan vulkanisme?
ü  Kegiatan praktikum: Amatilah daya serap air oleh beberapa jenis tanah yang berbeda.
ü  Uji petik kerja produk: Buatlah laporan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami di Indonesia.

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru Mapel



Arif Fadholi, S.Pd                                                                                          Putik Annisa, S.Pd

No comments:

Post a Comment