RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Program/Semester : X / 2
Pertemuan ke : 6
Alokasi waktu : 1 jam pelajaran
Standar kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat
Kompetensi Dasar : 3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.
Indikator : - Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
II. MATERI AJAR
Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
III. METODE PEMBELAJARAN
- Diskusi informasi (tanya jawab)
- Diskusi kelompok
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal :
- Membuka pertanyaan dengan pertanyaan pernahkah kalian melihat pengolahan limbah pabrik.
b. Kegiatan Inti
- Siswa dibagi kelompok, mendiskusikan tentang pemecahan masalah konsep redoks dalam memecahkan masalah
c. Kegiatan Akhir :
- Memberikan rangkuman dari beberapa kelompok
- Menyimpulkan hasil diskusi
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
- Buku Kimia
- Lembar kerja
VI. PENILAIAN
- Tugas Kelompok
- Laporan tertulis
Mengetahui Kepala SMA Arif Fadholi, S.Pd.I | Semarang, 13 Juli 2009 Guru Mapel Kimia ARIF FADHOLI, S.Pd.I. |
No comments:
Post a Comment