RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Program/Semester : X / 2
Pertemuan ke : 4
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan menggolongkan senyawa makromolekul.
Kompetensi Dasar : 4.2. Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan struktur dan hubungannya dengan sifat senyawa.
Indikator : - Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans)
- Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi).
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis trans).
- Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi pembakaran suatu senyawa dan kelompok aklana, alkena dan alkuna.
- Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi adisi sederhana suatu senyawa dari kelompok alkena dan alkuna.
- Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi substitusi sederhana suatu senyawa alkana.
- Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi eliminasi sederhana suatu alkana
II. MATERI AJAR
- Pengertian isomer
- Macam isomer
- Contoh isomer
III. METODE PEMBELAJARAN
- Diskusi informasi
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal :
- Kelompok diskusi
b. Kegiatan Inti
- Tiap kelompok mencoba membuat isomer dengan menggunakan molimod
c. Kegiatan Akhir :
- Menyimpulkan hasil diskusi
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
- Buku Kimia
- Molimod, lembar kerja
VI. PENILAIAN
- Ulangan harian
Mengetahui Kepala SMA Arif Fadholi, S.Pd.I | Semarang, 13 Juli 2009 Guru Mapel Kimia ARIF FADHOLI, S.Pd.I. |
No comments:
Post a Comment