RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Program/Semester : X / 1
Pertemuan ke :
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar kompetensi : 2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
Kompetensi Dasar : 2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator : - Menganalisis data percobaan pada senyawa untuk membuktikan berlakukan hukum kelipatan perbandingan (Hukum Dalton)
- Menggunakan data percobaan untuk membuktikan bukum perbandingan volum (Gay Lussac).
- Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum Avogadro.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat data percobaan.
II. MATERI AJAR
Hukum Dasar Kimia
- Hukum Dalton
- Hukum Gay Lussac
- Hukum Avogadro
III. METODE PEMBELAJARAN
- Diskusi informasi
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal :
- Membentuk kelompok untuk diskusi.
- Membagi lembaran untuk diskusi.
b. Kegiatan Inti
- Diskusi informasi hukum Dalton
- Diskusi informasi hukum Gay Lussac dan Hukum Avogadro.
c. Kegiatan Akhir :
- Membuat kesimpulan
- Memberi tugas latihan
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
- Buku Kimia Kelas X
VI. PENILAIAN
- Keaktifan siswa dalam diskusi
- Pengumpulan tugas
Mengetahui Kepala SMA Arif Fadholi, S.Pd.I | Semarang, 13 Juli 2009 Guru Mapel Kimia ARIF FADHOLI, S.Pd.I. |
No comments:
Post a Comment