Pages

August 03, 2011

RPP KIMIA SMA-IKATAN ION & IKATAN KOVALEN

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                :       KIMIA
Kelas/Program/Semester                :       X / 1
Pertemuan ke                                  :      
Alokasi waktu                                   :       1 jam
Standar kompetensi                        :       1.     Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia.
Kompetensi Dasar                           :       1.2.  Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan Kovalen, ikatan koordinasi dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
Indikator                                          :       -       Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion.
                                                                -       Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga.



I.          TUJUAN PEMBELAJARAN
-       Membandingkan proses terbentuknya ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi dan ikatan logam, serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
-       Membandingkan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi dan ikatan logam.
-       Menghubungkan ikatan kimia dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.

II.         MATERI AJAR
            Ikatan Kimia
-       Ikatan ion dan ikatan kovalen
-       Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas.

III.        METODE PEMBELAJARAN
-       Diskusi kelompok

IV.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.     Kegiatan Awal :
Anak disuruh membedakan atom logam dan atom non logam
b.     Kegiatan Inti
-       Diskusi kelompok
c.     Kegiatan Akhir :
-       Anak mengerjakan soal-soal ikatan ion dan ikatan kovalen.
V.         ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
-       Buku Kimia Kelas X

VI.        PENILAIAN
-       Tugas individu
-       Kuis



Mengetahui
Kepala SMA




Arif Fadholi, S.Pd.I

SEMARANG,  13 Juli 2009

Guru Mapel Kimia




ARIF FADHOLI, S.Pd.I.

No comments:

Post a Comment