Pages

August 03, 2011

RPP KIMIA SMA-STRUKTUR ATOM

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                :       KIMIA
Kelas/Program/Semester                :       X / 1
Pertemuan ke                                  :       2
Alokasi waktu                                   :       2 x 45 menit
Standar kompetensi                        :       1.         Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia.
Kompetensi Dasar                           :       1.1.      Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
Indikator                                          :       -       Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan neutron)
                                                                -       Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi
                                                                -       Menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik
                                                                -       Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
                                                                -       Mengklarifikasikan unsur kedalam isotop, isobar dan isoton.


I.          TUJUAN PEMBELAJARAN
-       Siswa dapat menentukan partikel dasar atom (proton, elektron dan neutron), konfiguasi elektron dan elektron valensi.
-       Siswa dapat menghubungkan konfigurasi elektron dengan unsur dalam tabel periodik
-       Siswa dapat menghitung massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
-       Siswa dapat menggolongkan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton

II.         MATERI AJAR
            Struktur atom

III.        METODE PEMBELAJARAN
-       Diskusi
-       Tanya jawab
-       Penugasan

IV.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.     Kegiatan Awal :
-       Pernahkah siswa melihat buah brambang ?
-       Pernahkah siswa melihat kacang atom ?
-       Siswa dikelompokkan menjadi 5 kelompok
b.     Kegiatan Inti    :       -       Diskusi informasi dan tanya jawab dari masing-masing kelompok yang terdiri dari 8 siswa.
-       Kelompok I              :       Diskusi tentang pertikel dasar atom (proton, elektron, neutron)
-       Kelompok II             :       Diskusi tentang konfigurasi elektron dan elektron valensi
-       Kelompok III            :       Diskusi tentang hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik
-       Kelompok IV            :       Diskusi tentang menghitung massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
-       kelompok V              :       Diskusi dalam menggolongkan unsur kedalam isotop, isobar dan isoton.

c.     Kegiatan Akhir : Presentasi dan kesimpulan dari masing-masing kelompok.

V.         ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
-       Tabel periodik unsur dan buku-buku kimia kelas X yang relevan.

VI.        PENILAIAN
-       Jenis Tagihan                  :   Tugas kelompok, kuis, ulangan harian
-       Bentuk instrumen            :   laporan tertulis, performans, tes tertulis
-       Contoh instrumen            :   terlampir


Mengetahui
Kepala SMA




Arif Fadholi, S.Pd.I

Pekalongan,  13 Juli 2009

Guru Mapel Kimia




ARIF FADHOLI, S.Pd.I.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment