Pages

August 03, 2011

RPP KIMIA SMK-PERHITUNGAN KIMIA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMK ASSHODIQIYAH
Kelas / Semester         : X (sepuluh) / 2
Mata Pelajaran          : KIMIA

Standar Kompetensi
4.         Perhitungan kimia

Kompetensi Dasar
4. 1       Menerapkan hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro
4. 2       Menjelaskan konsep mol

Indikator
1.         Menerapkan hukum perbandingan volume (hukum Gay Lussac) dan hukum Avogadro.
2.         Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel massa, volume dan zat.

Alokasi Waktu: 16 Jam × 45 Menit (8 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Membuktikan hukum perbandingan volume melalui percobaan.
2.      Membuktikan hipotesis Avogadro melalui percobaan.
3.      Menghitung massa atom relatif dan massa molekul relatif secara kuantitatif dan disajikan berdasarkan satuan massa atom (sma).
4.      Menghitung Jumlah partikel yang terdapat dalam mol.
5.      Menghitung Jumlah mol dan jumlah dihitung dengan benar.
6.      Menghitung jumlah massa molar (mm), dan volum molar gas (vm) secara kuantitatif.\

B. Materi Pembelajaran
Hukum Gay Lussac, Hipotesis Avogadro, mol.

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan perhitungan suatu unsur kimia.
Inti                                          
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hukum perbandingan volume (hukum Gay Lussac).
b.      Peserta didik berlatih melakukan percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volume.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hipotesis Avogadro.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan uji kepahaman mengenai hukum-hukum dasar kimia.

Pertemuan Ke-2 dan Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai hukum-hukum dasar kimia.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa atom relatif.
b.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai satuan massa atom (sma)
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa isotop dan massa atom.
d.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa atom relatif (Ar)
e.       Peserta didik berlatih mengitung suatu massa atom relatif suatu unsur.
f.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa molekul relatif (Mr).
g.      Peserta berlatih mengitung suatu massa molekul relatif suatu unsur.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan uji kepahaman mengenai massa atom relatif dan massa molekul relatif.


Pertemuan Ke-4 dan Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai massa atom relatif dan massa molekul relatif.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai standar mol dan hubungan jumlah mol dengan jumlah partikel.
b.      Peserta didik berlatih menghitung jumlah atom dan mol.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa molar (Mm).
d.      Peserta didik berlatih menghitung massa dan jumlah mol.
e.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai volum molar gas (Vm).
f.       Peserta didik berlatih menghitung volum gas.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan uji kepahaman mengenai konsep mol.

Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai konsep mol.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kadar unsur dalam senyawa.
b.      Peserta didik berlatih menghitung kadar unsur, massa unsur dalam senyawa dan menentukan angka indeks berdasar kadar.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai rumus kimia senyawa (rumus empiris dan rumus molekul).
d.      Peserta didik berlatih menentukan rumus empiris dan rumus molekul dari rumus empiris.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai stokiometri senyawa. 

Pertemuan Ke-7
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai stokiometri senyawa.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai koefisien reaksi sebagai dasar stiokiometri reaksi.
b.      Peserta didik berlatih menghitung jumlah mol dari suatu persamaan reaksi.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai stiokiometri reaksi sederhana.
d.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pereaksi pembatas.
e.       Peserta didik berlatih menentukan reaksi pembatas.
f.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai stiokiometri reaksi-reaksi gas.
g.      Peserta didik berlatih menghitung volume gas dari suatu persamaan reaksi.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai stiokiometri reaksi.

Pertemuan Ke-8
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai perhitungan kimia.
Inti      
a.       Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.      Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.       Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d.      Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari seluruh materi pada semester 1 dan 2 untuk menghadapi ulangan akhir semester. 

E. Sumber Belajar
  a. Buku Kimia SMK dan MAK (Erlangga) halaman 15-189
  b. Lembar kerja
  c. Alat dan bahan praktikum
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian:
 -  Tes unjuk kerja
 -  Tes tertulis                   
            b. Bentuk Instrumen:
-  PG
 -  Uraian
            c. Contoh Instrumen:
                             -  Contoh tes PG
Bila diukur pada suhu dan tekanan yang sama, gas yang mengandung jumlah molekul terbanyak adalah . . . .
a.       5 liter hidrogen (H2)
b.      4 liter karbon dioksida (CO2)
c.       3 liter metana (CH4)
d.      1 liter helium (He)
e.       Sama semua
                             
-  Contoh tes uraian
Jumlah partikel yang terdapat dalam 10 liter gas nitrogen adalah 3,01 x 1023. pada keadaan yang sama berapa jumlah partikel yang terdapat dalam 30 liter gas amonia?

                                                                                                           
Mengetahui,                                                                                        Semarang,
Kepala SMK ASSHODIQIYAH                                                       Guru Mata Pelajaran



H. Sumiharto Ts, S.Pd, M.Si                                                              Arif Fadholi W.A, S.Pd.I

No comments:

Post a Comment