RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Program/Semester : X / 2
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 jam pelajaran
Standar kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit serta reaksi oksidasi reduksi.
Kompetensi Dasar : 3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.
Indikator : 3.2.3 Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks.
II. MATERI AJAR
Reaksi oksidasi oksidasi
III. METODE PEMBELAJARAN
- Demonstrasi
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal :
- Mengingat kembali konsep tentang bilangan oksidasi baik unsur dalam senyawa/ion (dengan tanya jawab).
b. Kegiatan Inti
- Menentukan oksidator dan reduktor dalam suatu reaksi redoks.
c. Kegiatan Akhir :
- Menyimpulkan zat-zat yang mengalami oksidator dan reduktor.
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
SPU, Buku Erlangga dan LKS
VI. PENILAIAN
Afektif : Kesungguhan dan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran
Kognitif : Uji konseptensi, tugas
Mengetahui Kepala SMA Arif Fadholi, S.Pd.I | Semarang, 13 Juli 2009 Guru Mapel Kimia ARIF FADHOLI, S.Pd.I. |
No comments:
Post a Comment