RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Program/Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 3 jam pelajaran
Standar kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektronil serta reaksi oksidasi reduksi.
Kompetensi Dasar : 3.1. Mengidentifikasi sifat larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan data percobaan.
Indikator : - Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan.
- Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit.
- Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
- Mendiskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan.
- Siswa dapat mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit.
- Siswa dapat menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
- Mendiskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
II. MATERI AJAR
Larutan elektrolit dan non elektrolit
III. METODE PEMBELAJARAN
Eksperimen
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal :
- Pre test tentang larutan elektrolit dan non elektrolit
b. Kegiatan Inti
- Melakukan eksperimen tentang larutan elektrolit dan non elektrolit, dilanjutkan dengan diskusi.
c. Kegiatan Akhir :
- Menyimpulkan hasil diskusi
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Alat : Seperangkat alat uji elektrolit
Bahan : Aquades, larutan NaCl, larutan gula, larutan urea, larutan HCl, larutan asam cuka, air aki, air sabun, air jeruk.
Sumber : Buku Paket Kimia X
VI. PENILAIAN
Kognitif : Uji tertulis dan laporan
Psikomotorik : Ketrampilan melakukan eksperimen
Kerjasama, motivasi, menghargai pendapat.
Mengetahui Kepala SMA Arif Fadholi, S.Pd.I | Semarang, 13 Juli 2009 Guru Mapel Kimia ARIF FADHOLI, S.Pd.I. |
No comments:
Post a Comment