Pages

August 03, 2011

RPP KIMIA SMK-MATERI & PERUBAHANNYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMK ASSHODIQIYAH
Kelas / Semester         : X (sepuluh) / 1
Mata Pelajaran          : KIMIA

Standar Kompetensi
1.      Memahami konsep materi dan perubahannya.
Kompetensi Dasar
1.1    Mengelompokkan sifat materi.
1.2    Mengelompokkan perubahan materi.
1.3    Mengklasifikasi materi.
Indikator
1.      Mengelompokkan sifat materi, yaitu sifat fisika dan sifat kimia, serta sifat intensif dan ekstensif.
2.      Mengelompokkan perubahan materi secara fisika dan kimia.
3.      Mengklasifikasi materi berdasarkan komposisi kimianya.
Alokasi Waktu: 12 Jam × 45 Menit (6 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Memahami konsep tentang materi dan energi.
2.      Menjelaskan kembali bunyi Hukum kekekalan energi.
3.      Membedakan pengertian materi dalam ilmu kimia dan ilmu fisika.
4.      Menjelaskan  sifat materi atau zat melalui percobaan dan contoh kasus di dalam kehidupan sehari-hari
5.      Membuktikan adanya perubahan fisika melalui percobaan.
6.      Mengetahui perbedaan perubahan fisika dan kimia .
7.      Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan dan contoh kasus di dalam kehidupan sehari-hari
8.      Mengetahui perubahan kimia  melalui percobaan dan contoh kasus di  dalam kehidupan sehari-hari.
9.      Membandingkan zat tunggal dan campuran .
10.  Membuktikan hukum perbandingan tetap (hukum Proust) melalui percobaan.

B. Materi Pembelajaran
Sifat materi, Perubahan fisika, Perubahan kimia, Penggolongan materi

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan pentingnya materi dan perubahannya.
Inti                                          
a.         Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai materi.
b.        Peserta didik menjelaskan perbedaan materi dalam ilmu kimia dengan ilmu fisika.
c.         Peserta didik menjelaskan perbedaan energi kinetik dan energi potensial.
d.        Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai energi dan hukum kekekalan energi.
e.         Peserta didik menyebutkan hukum kekekalan energi.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai materi dan energi.

Pertemuan Ke-2
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai materi dan energi.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai sifat materi (fisika dan kimia).
b.      Peserta didik menjelaskan perbedaan sifat kimia dan fisika.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai sifat intensif dan sifat ekstensif
d.      Peserta didik menjelaskan sifat intensif dan sifat ekstensif.
e.       Peserta didik berlatih melakukan percobaan untuk mengenali sifat kimia dan sifat fisika.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai sifat materi.

Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai sifat materi.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai perubahan fisika, termasuk diantaranya dua jenis perubahan fisika (wujud dan pelarutan).
b.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai titik cair dan titik didih.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan uji kepahaman mengenai perubahan fisika.

Pertemuan Ke-4
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai perubahan fisika.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai perubahan kimia.
b.      Peserta didik berlatih melakukan kegiatan praktikum untuk mengetahui perubahan fisika dan kimia.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai ciri-ciri reaksi kimia.
d.      Peserta didik menyebutkan hukum Laviosier.
e.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai perubahan kimia.

Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai perubahan kimia.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai zat tunggal dan campuran.
b.      Peserta didik menjelaskan pengelolaan zat.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai unsur dan senyawa.
d.      Peserta didik mendemonstrasikan dan mendiskusikan unsur dan senyawa.
e.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hukum perbandingan tetap (hukum Proust).
f.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai logam dan nonlogam, senyawa, partikel unsur, dan partikel senyawa.
g.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai campuran (larutan, koloid, dan suspensi).
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai penggolongan materi.

Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai materi dan perubahannya.
Inti      
a.         Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.        Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.         Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d.        Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu rumus kimia dan persamaan reaksi.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Kimia SMK dan MAK (Erlangga) halaman 15-56
  b. Lembar kerja
  c. Alat dan bahan praktikum
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian:
 -  Tes unjuk kerja
 -  Tes tertulis                   
            b. Bentuk Instrumen:
-  PG
 -  Uraian
            c. Contoh Instrumen:
                             -  Contoh tes PG
                        Pernyataan yang tidak tepat tentang materi adalah . . . .
a.       mempunyai massa
b.      mempunyai volume
c.       terdiri atas partikel
d.      menyimpan energi dalam jumlah tertentu
e.       tidak dapat diubah menjadi materi lain   
-  Contoh tes uraian
Besi adalah logam yang paling banyak penggunaannya, dari segi jumlah maupun ragamnya. Hal ini terjadi karena besi mempunyai sifat-sifat yang baik, yaitu kuat dan mudah dibentuk, berbeda dengan kayu yang mudah terbakar, besi tahan api serta mempunyai titik leleh yang relatif tinggi. Namun demikian, ada kelemahan dari besi, yaitu mudah berkarat, khususnya dalam suasana lembab.
a.       Diantara sifat-sifat besi yang dikemukakan dalam bacaan diatas, manakah yang tergolong
                                                             i.      Sifat fisika?
                                                           ii.      Sifat kimia?
b.      Sebutkan penggunaan utama besi.
c.       Sebutkan beberapa upaya yang dilakukan orang untuk mencegah perkaratan besi.

Mengetahui,                                                                                        Semarang,
Kepala SMK ASSHODIQIYAH                                                       Guru Mata Pelajaran



H. Sumiharto Ts, S.Pd, M.Si                                                              Arif Fadholi W.A, S.Pd.I

No comments:

Post a Comment

Post a Comment