Pages

August 03, 2011

RPP KIMIA SMK-STRUKTUR ATOM & SPU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMK ASSHODIQIYAH
Kelas / Semester         : X (sepuluh) / 1
Mata Pelajaran          : KIMIA

Standar Kompetensi
3.        Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel unsur periodik.

Kompetensi Dasar
3. 1     Mendeskripsikan perkembangan teori atom.
3. 2     Menginterpretasikan data dalam tabel sistem periodik.

Indikator
1.        Mendeskripsikan komposisi atom dan ion, serta menentukan konfigurasi elektron dari suatu atom atau ion.
2.        Mendeskripsikan sistem periodik modern dan hubungannya dengan konfigurasi elektron, dan mendeskripsikan sifat-sifat periodik unsur.

Alokasi Waktu: 16 Jam × 45 Menit (8 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan teori-teori atom.
2.      Menggambarkan partikel inti atom.
3.      Menghitung komposisi atom (nomor atom, nomor massa, notasi komposisi atom, isotop, isobar dan isoton) dan komposisi ion.
4.      Mengetahui aturan konfigurasi elektron.
5.      Menghitung konfigurasi elektron.
6.      Mengelompokkan unsur logam dan nonlogam.
7.      Membedakan sistem periodik Mendelev dan sistem periodik moderen dari Henry Moseley.
8.      Mengetahui struktur sistem periodik modern (periode, golongan, unsur transisi dan transisi dalam).
9.      Mengetahui hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik.
10.  Mengetahui sifat-sifat periodik unsur (jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, elektron kenegatifan, sifat logam dan nonlogam, serta kereaktifan).

B. Materi Pembelajaran
Teori atom, partikel penyusun inti atom, komposisi atom dan ion, konfigurasi elektron, perkembangan dasar pengelompokkan unsur, sistem periodik modern, sifat-sifat periodik unsur.

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan struktur atom.
Inti                                          
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai teori-teori atom, diantaranya teori atom Dalton, teori atom Thomson, teori atom Rutherford, teori atom Niels Bohr, dan teori atom modern.
b.      Peserta didik menyebutkan teori-teori atom.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai perkembangan teori atom.

Pertemuan Ke-2
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai perkembangan teori atom.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai partikel penyusun inti atom, diantaranya proton, dan neutron.
b.      Peserta didik menggambarkan partikel inti atom.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai partikel penyusun inti atom.

Pertemuan Ke-3
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai partikel penyusun inti atom.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai komposisi atom dan ion (nomor atom, dan nomor massa), serta notasi komposisi atom.
b.      Peserta didik berlatih menghitung jumlah proton, elektron, dan neutron.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai isotop, isobar dan isoton.
d.      Peserta didik menyebutkan perbedaan isotop, isobar dan isoton.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan latihan mengenai komposisi atom dan ion.

Pertemuan Ke-4
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai komposisi atom dan ion.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai konfigurasi elektron.
b.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai elektron valensi.
c.       Peserta didik berlatih menuliskan konfigurasi elektron, dan menentukan elektron valensinya.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai konfigurasi elektron. 

Pertemuan Ke-5
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai konfigurasi elektron.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pengelompokan atas logam dan nonlogam.
b.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai triade dari Dobereiner.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hukum Oktaf Newlands.
d.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai sistem periodik Mendeleev dan sistem periodik modern dari Henry Moseley.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai perkembangan dasar pengelompokkan unsur.

Pertemuan Ke-6
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai perkembangan dasar pengelompokkan unsur.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai struktur sistem periodik modern.
b.      Peserta didik berlatih menyebutkan nama-nama unsur segolongan/seperiode.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik.
d.      Peserta didik berlatih menentukan letak (periode dan golongan) dari suatu unsur.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai sistem periodik.

Pertemuan Ke-7
Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai sistem periodik.
Inti
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai jari-jari atom.
b.      Peserta didik berlatih menentukan jari-jari atom.
c.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai energi ionisasi.
d.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai afinitas elektron.
e.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai keelektronegatifan.
f.       Peserta didik berlatih menentukan keelektonegatifan suatu unsur.
g.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai sifat logam dan nonlogam, serta kereaktifan.
Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai sifat-sifat periodik unsur.

Pertemuan Ke-8
Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai struktur atom dan sistem periodik.
Inti      
a.       Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.      Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.       Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d.      Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu ikatan kimia.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Kimia SMK dan MAK (Erlangga) halaman 73-119
  b. Lembar kerja
  c. Alat dan bahan praktikum
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian:
 -  Tes unjuk kerja
 -  Tes tertulis       
       
            b. Bentuk Instrumen:
-  PG
 -  Uraian
            c. Contoh Instrumen:
                             -  Contoh tes PG
Pendapat Dalton yang menyatakan bahwa atom merupakan partikel terkecil yang sudah tak dapat dibagi, dipatahkan ketika para ahli menemukan berbagai partikel subatom, diantaranya proton, elektron, dan neutron. Muatan listrik partikel dasar tersebut berturut-turut adalah . . . .
a.       1; +1; 0                                                     d. -1; 0; +1
b.      +1; -1; 0                                                    e. 0; -1; +1
c.       +1; 0; -1

Mengetahui,                                                                                    Semarang,
Kepala SMK ASSHODIQIYAH                                                   Guru Mata Pelajaran



H. Sumiharto Ts, S.Pd, M.Si                                                          Arif Fadholi W.A, S.Pd.I






No comments:

Post a Comment