RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Program/Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar kompetensi : 2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Kompetensi Dasar : 2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.
Indikator : - Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi
- Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa daat menentukan pembatas berdasarkan hukum Gay Lussac.
- Siswa dapat menghitung volume pereaksi dan hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.
- Siswa dapat menentukan volume gas dan jumlah mol pada P dan T yang sama.
II. MATERI AJAR
- Perhitungan Kimia
III. METODE PEMBELAJARAN
- Diskusi Informasi
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal :
- Membentuk kelompok diskusi
- Membagi bahan untuk diskusi
b. Kegiatan Inti
- Diskusi tentang menghitung volume berdasarkan hukum Gay Lussac
- Menghitung jumlah mol, gram berdasarkan konsep mol.
c. Kegiatan Akhir :
- Membuat kesimpulan
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
- Buku Kimia Kelas X
VI. PENILAIAN
- Tugas individu
- Tugas Kelompok
- Ulangan
Mengetahui Kepala SMA Arif Fadholi, S.Pd.I | Semarang, 13 Juli 2009 Guru Mapel Kimia ARIF FADHOLI, S.Pd.I. |
No comments:
Post a Comment