Pages

June 15, 2010

VITAMIN YANG LARUT DALAM AIR

VITAMIN YANG LARUT DALAM AIR

I.PENDAHULUAN

Vitamin atau vitamine mula-mula di utarakan oleh sang ahli kimia pola, dia yang bernama Funk, yang percaya bahwa zat penangkal beri-beri yang larut dalam amina itu adalah suatu amina yang sangat vital. Dan dari kata tersebut lahirlah istilah vitamine atau vitamin. Kini vitamin dikenal sebagai suatu kelompok senyawa organic yang tidak termasuk dalam golongan protein, karbohidrat, maupun lemak dan terdapat dalam jumlah kecil dalam bahan makanan tapi sangat penting bagi beberapa fungsi tubuh untuk menjaga kelangsungan kehidupan serta pertumbuhan.
Dalam bahan pangan hanya terdapat vitamin dalam jumlah yang relative sangat kecil, dan terdapat dalam bentuk yang berbeda-beda, di antaranya ada yang berbentuk provitamin atau calon vitamin (precursor) yang dapat diubah dalam tubuh menjadi vitamin yang aktif. Segara setelah diserap oleh tubuh, provitamin mengalami perubahan kimia sehingga menjadi satu atau lebih bentuk yang aktif. Vitamin tersebut pada umumnya dapat dikelompokkan dalam dua golongan utama yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Dan dalam makalah ini akan mencoba membahas tentang vitamin yang larut dalam air.

II.PEMBAHASAN

A.Pengertian dan Klasifikasi Vitamin
Vitamin merupakan suatu molekul organic yang sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal.1 Sedangkan dalam buku Dasar-Dasar Biokimia jilid 1, pengertian vitamin adalah senyawa organic dalam jumlah mikroyang sangat esensial dalam fungsi kebanyakan bentuk tubuh, tetapi tidak dapat disintesa oleh beberapa organisme dan harus di peroleh dari luar tubuh.2 Sebagai pengecualian adalah vitamin D yang dapat dibuat dalam kulit asalkan kulit cukup terkena sinar matahari.
Vitamin dikelompokkan menjadi 2 golongan utama yaitu vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K serta vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin C dan B.3 Fungsi khusus vitamin adalah sebagai kofaktor (elemen pembantu) untuk reaksi enzimatik. Vitamin juga berperan dalam berbagai macam fungsi tubuh lainnya, termasuk regenerasi kulit, penglihatan, sistem susunan syaraf dan sistem kekebalan tubuh dan pembekuan darah. Tubuh membutuhkan jumlah yang berbeda untuk setiap vitamin. Setiap orang punya kebutuhan vitamin yang berbeda. Anak-anak, orang tua, orang yang menderita penyakit atau wanita hamil membutuhkan jumlah yang lebih tinggi akan beberapa vitamin dalam makanan mereka sehari-hari.
B.Vitamin yang Larut Dalam Air
Vitamin ini terdiri dari vitamin B dan vitamin C. Kedua vitamin ini diberi nama berdasarkan label dari tabung-tabung percobaan pada saat vitamin tersebut ditemukan. Selanjutnya diketahui bahwa tabung percobaan dengan vitamin B ternyata mengandung lebih dari satu vitamin, yang kemudian diberi nama B1, B2 dst. Kedelapan vitamin B berperan penting dalam membantu enzim untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, dan dalam pembuatan DNA dan sel-sel baru.4
a.Vitamin C
Vitamin C adalah nutrien dan vitamin yang larut dalam air dan penting untuk kehidupan serta untuk menjaga kesehatan. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan antioksidan karena sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam, oleh karena itu penggunaaan vitamin C sebagai antioksidan semakin sering dijumpai. Oksidasi akan terhambat bila vit C dibiarkan dalam keadaan asam atau pada suhu rendah. Kelenjar adrenalin mengandung vit C yang sangat tinggi. Kelebihan vit C dibuah melalui air kemih.
Vitamin C berhasil di isolasi untuk pertama kalinya pada tahun 1928 dan pada tahun 1932 ditemukan bahwa vitamin ini merupakan agen yang dapat mencegah sariawan. Albert Szent-Györgyi menerima penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1937 untuk penemuan ini.5
Rumus bangun vitamin C:

Reaksi metabolisme vitamin C

6
Sumber-sumber utama
Sayuran dan buah-buahan terutama buah segar dan buah yang mentah. Misalnya: Jeruk merupakan sumber utama vitamin C. Brokoli, sayuran berwarna hijau, kol (kobis), melon dan strawberi mengandung vitamin C bermutu tinggi dll.


Peran Vit C
Oksidasi fenilalanin menjadi tirosin
Reduksi ion feri menjadi fero dalam saluran pencernaan
Mengubah asam folat menjadi bentuk aktif asam folinat
Sintesa hormon2 steroid dari kolesterol
Kekurangan Vitamin C
Kekurangan vit C menyebabkan penyakit sariawan atau skorbut. Penyakit skorbut jarang pada bayi biasanya antara 6-12 bulan. Gejala-gejalanya: terjadi pelunakan tenunan kolagen, infeksi dan demam. Juga timbul sakit, pelunakan dan pembengkakan kaki bagian paha. Pada anak yang giginya telah tumbuh, gusi membengkak, lunak dan terjadi pendarahan. Pada orang dewasa skorbut terjadi setelah beberapa bulan menderita kekurangan vit C dalam makanannya. Gejalanya: pembengkakan dan pendarahan pada gusi, kaki menjadi lunak, anemia. Akibat yang parah adalah gigi menjadi goyah dan dapat lepas. Penyakit sariawan yang akut disembuhkan dengan pemberian 100-200 mg vit C per hari dalam beberapa waktu.7
b.Vitamin B
Vit B termasuk dalam kelompok vitamin yang disebut vitamin B kompleks yang meliputi B1, B2, niasin, B6, asam pantotenat, biotin, folasin (asam folat dan turunan aktifnya) serta vit B12.
1. Tiamin (vit B1)
Bentuk murninya adalah tiamin hidroklorida.Dalam makanan, tiamin ditemukan dalam bentuk bebas atau dalam bentuk kompleks dengan protein atau kompleks protein-fosfat. Tiamin tidak dapat disimpan banyak oleh tubuh tetapi dalam jumlah terbatas disimpan di hati, ginjal, jantung, otak dan otot. Bila terlalu banyak kelebihannya dibuang melalui air kemih.


Rumus bangun Tiamin
8
Sumber-sumber utama
Daging babi merupakan sumber yang sangat baik untuk thiamin, sama seperti ragi, hati, biji bunga matahari, sejumlah padi, biji-bijian, kacang polong, semangka, tiram, oatmeal dan tepung terigu.
Peran Tiamin
Tiamin aktif dalam bentuk kokarboksilase sebagai tiamin pirofosfatase (TPP). Prinsipnya tiamin sebagai koenzim dalam reaksi yang menghasilkan energi dari karbohidrat dan memindahkan energi membentuk ATP (Adenin Trifosfat).
Kekurangan Vitamin B1(tiami)
Kekurangan tiamin menyebabkan polyneuritis yaitu terganggunya transmisi syaraf atau jaringan syaraf yang kekurangan energi. Beri-beri yaitu penyakit kekurangan vit B1 dalam masyarakat yang banyak mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok khususnya beras yang digiling sempurna. Bila beras digiling sempurna maka lapisan aleuron yang kaya akan tiamin terbuang sebagai dedak.
Gejala kekurangan tiamin mula-mula lelah, hilang nafsu makan, berat badan menurun dan gangguan pencernaan. Bila telah terjadi beri-beri terjadi gangguan kerja syaraf. Pada orang dewasa terjadi gangguan jantung menyebabkan oedem (penumpukan cairan dalam jaringan) pada kaki bawah/ telapak kaki serta persendian kaki. Bila berlanjut oedem dapat terjadi di rongga dada dan ini disebut beri-beri basah. Penderita diberi vit B kompleks dan makanan kaya protein dan kalori.

2. Riboflavin (Vit B2)
Sifat: larut dalam air, memberi warna fluorosens kuning-kehijauan, tidak larut dalam pelarut lemak, mudah rusak oleh cahaya dan sinar UV, tahan terhadap pemanasan, oksidator, asam dan sangat sensitif terhadap basa.
Rumus bangun Riboflavin

Sumber- sumber utama
Hati, ginjal, daging, telur, ikan, susu dan produk-produk susu, misalnya keju, merupakan sumber yang baik untuk riboflavin. Hampir semua sayuran hijau dan biji-bijian mengandung riboflavin; brokoli, jamur dan bayam merupakan sumber yang baik.
Peranan Riboflavin (Vit B2)
komponen dalam koenzim terdapat 2 bentuk aktif yaitu flavin adenin dinukleotida (FAD) dan flavo mono nukleotida (FMN), keduanya gugus prostetik penerima hidrogen.
komponen enzim asam L & D amino oksidase yang mengoksidasi asam amino dan asam hidroksi menjadi asam alfa-keto.
Kekurangan Riboflavin (Vit B2)
Kekurangan riboflavin dapat menyebabkan gejala seperti iritasi, kulit merah dan keretakan kulit dekat dengan sudut mata dan bibir seperti halnya sensitivitas yang berlebihan terhadap sinar (photophobia). Hal ini dapat juga menyebabkan keretakan pada sudut mulut (cheilosis).


3. Niasin (as.nikotinat)
Sifat: sedikit larut dalam air dingin, larut sebagian dalam air panas, tahan terhadap alkali, asam, panas, cahaya, dan oksidasi. Triptofan adalah precursor niasin, perubahan triptofan menjadi niasin memerlukan vit. B6.
Rumus bangun Niasin

Sumber- sumber utama
Daging, unggas (ayam, itik dll) dan ikan merupakan sumber utama niasin, sama halnya roti dan sereal (biji-bijian) yang telah diperkaya. Jamur, asparagus dan sayuran hijau merupakan sumber yang paling baik.
Peran Niasin (as.nikotinat)
Dua koenzim yang dibentuk oleh niacin, NAD dan NADP dibutuhkan untuk beberapa aktivitas metabolis, terutama metabolisme glukosa, lemak dan alkohol. Niasin memiliki keunikan diantara vitamin B karena tubuh dapat membentuknya dari asam amino triptophan. Niasin membantu kesehatan kulit, sistem syaraf dan sistem pencernaan.
Kekurangan Niasin (as.nikotinat)
Pellagra (penyakit kekurangan niacin), menunjukkan gejala seperti dermatitis, diare dan dementia. Hal ini meluas di bagian selatan US pada awal 1900. Gejala kekurangan niacin lainnya adalah kehilangan nafsu makan, lemah, pusing dan kebingungan mental,. gejala: sakit tenggorokan, lidah dan mulut, gatal terasa panas pada tangan, leher, kulit, mula-mula kulit merah, bengkak, lunak bila berlanjut kulit bersisik dan luka. Sehingga kehilangan nafsu makan, lemah, pusing dan kebingungan mental.

4. Vitamin B6
Vit b6 teridiri dari 3 bentuk yaitu piridoksin, piridoksal dan piridoksamina. bentuk aktif yaitu piridoksal dan piridoksamin sebagai komponen dari koenzim
Rumus bangun bentuk aktif vit B6.

Sumber- sumber utama
sumber: daging, unggas, ikan, biji-bijian utuh, kentang, ubi jalar, sayuran hijau dan buah yang berwarna ungu.
Peran Vitamin B6
Vitamin B6 berperan dalam metabolisme asam amino dan asam lemak. Vitamin B6 membantu tubuh untuk mensintesis asam amino nonesensial. Selain itu juga berperan dalam produksi sel darah merah.
kekurangan vit B6
Orang yang mempunyai kadar vitamin B6 rendah, menunjukkan gejala seperti lemah, sifat lekas marah dan susah tidur. Selanjutnya gejala kegagalan pertumbuhan, kerusakan fungsi motorik dan sawan. Seperti: kulit rusak, syaraf motorik terganggu, kelainan pada darah.9
5. Asam pantotenat
Berbentuk minyak pekat berwarna kuning pucat, larut dalam air, tak larut dalam minyak dan pelarut lemak, agak manis, stabil dalam pemasakan yang normal, ditemukan dalam bentuk Ca.




Rumus bangun Asam pantotenat

Sumber- sumber utama
Asam pantotenat umumnya ada dalam sebagian besar makanan. Daging, ikan, unggas (ayam, itik dll), semua biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran merupakan sumber utama, yang terutama dalam royal jeli yaitu persediaan makanan dalam sarang lebah.
Peran asam pantotenat
Asam pantotenat berperan dalam metabolisme sebagai bagian dari koenzim A. Koenzim ini berperan untuk membawa molekul dalam proses pemecahan glukosa, asam lemak dan metabolisme energi.
Kekurangan asam pantotenat
kehilangan selera makan, insomnia, mudah infeksi saluran pernafasan.
6. Biotin
Biotin dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil, jadi tidak ada nilai RDA. Perkiraan aman dan cukup yang dapat dikonsumsi dalam makanan sehari-hari antara 30-100 mikro-gram perhari.
Rumus bangun Biotin

Sumber-sumber utama
Sumber utama terdapat pada saluran pencernaan karena mikrofora mampu membuat dalam jumlah yang cukup, selain itu kuning telur, kacang polong, kenari, kemiri.


Peran Biotin
Dibandingkan dengan berbagai vitamin B yang lain, sedikit sekali yang diketahui tentang fungsi biotin seperti yang ditemukan baru-baru ini. Biotin memainkan peranan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.
Kekurangan Biotin
Gejala defisiensi: pelepasan kulit, kulit pucat, kadar hemoglobin menurun, kadar kolestrol naik dan kadar biotin urin turun sampai 1/10 dari normal.
7. Folasin (as. folat)
Vitamin ini untuk menghindarkan anemia. Asam folat sedikit larut dalam air, mudah dioksidasi dalam larutan asam,  peka terhadap sinar matahari. disamping melalui konsumsi bahan makanan, asam folat juga disintesis dalam saluran pencernaan.
Rumus bangun As.Folat

Sumber-sumber utama
Sumber terbaik untuk folat adalah kacang-kacangan, sayur-sayuran, khususnya sayuran berdaun hijau. Hati juga mengandung banyak folat. Daging, susu dan produk-produk susu mengandung sedikit folat.
Peran Folasin
Fungsi folasin adalah sintesis nukleoprotein untuk pembentukan dan produksi butir-butir darah merah normal dalam susunan tulang, juga terlibat dalam proses oksidasi fenilalanin menjadi tirosin.


Kekurangan Folasin
Kekurangan folat dapat menyebabkan kekurangan darah. Gejalanya bisa meluas, seperti sel-sel darah merah tidak matang, yang menunjukkan sintesa DNA yang lambat. Hal ini disebabkan tidak hanya oleh kekurangan folat tetapi juga oleh kekurangan vitamin B12. Gejala lain dari kekurangan folat adalah rasa panas pada jantung (heartburn), diare dan sring terkena infeksi karena penekanan pada sistem kekebalan. Hal ini mempengaruhi sistem syaraf, menyebabkan depresi, kebingungan mental, kelelahan dan pingsan.  
8. Vit B12
Vit. B12 adalah vit yang sangat kompleks molekulnya mengandung sebuah atom cobalt. Vit. B12 terjadi dalam beberapa bentuk dikenal sebagai kobalamina, salah satu yang paling aktif adalah sianokobalamin.sifat sianokobalamin: larut dalam air, tahan panas, inaktif oleh cahaya, asam keras atau larutan alkali.
Sumber-sumber utama
Sumber Vit. B12 adalah hasil ternak terutama hati, sayuran dari daun komprey, oncom dari bungkil kacang tanah dan produk fermentasi kedelai spt tempe, tauco, kecap.
Peran Vit B12
Fungsi: vit B12 sangat erat hubungannya dengan fungsi asam folat dalam sintesa nukleoprotein. Menjaga agar sel-sel berfungsi normal terutama sel-sel saluran pencernaan, sistem urat syaraf dan sumsum tulang. dalam sumsum tulang, koenzim vit B12 diperlukan untuk sintesa DNA.
Kekurangan Vit b12
Kekurangan B12 dapat menyebabkan pernicious anemia suatu penyakit karena keturunan yaitu karena faktor intrinsik tidak diproduksi oleh tubuh akibatnya vit B12 tidak dapat diserap.10

III.KESIMPULAN

Vitamin adalah senyawa organic dalam jumlah mikroyang sangat esensial dalam fungsi kebanyakan bentuk tubuh, tetapi tidak dapat di sintesa oleh beberapa organisme dan harus diperoleh dari luar tubuh. Sebagai pengecualian adalah vitamin D yang dapat dibuat dalam kulit asalkan kulit cukup terkena sinar matahari.
Vitamin dikelompokkan menjadi 2 golongan utama yaitu vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K serta vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin C dan B
Vitamin-vitamin tersebut (vit C dan B) mengandung pula karbon, hidrogen dan oksigen dan dapat mengandung nitrogen, sulfur dan kobalt

IV.PENUTUP

Demikianlah makalah yang kami buat, tentunya penulis sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun dari audien sangat kami harapkan, semoga malakah ini bermanfaat bagi penulis khususnya, dan bagi pembaca umumnya. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment