Pages

October 06, 2009

Laporan KKL Kimia 2008

LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN

Di Kawasan Industri Indolakto Desa Pasawahan
Cicurug Sukabumi Jawa Barat

Disusun Oleh :

ARIF FADHOLI W. A

053711328

FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2008

MOTTO

وَاعْلَمُوْا اَنَّمَا اَمْوَالُكُمْ وَاَوْلاَدُكُمْ فِتْنَةٌلا وَاَنَّ اللهَ عِنْدَهُ اَجْرٌ عَظِيْمٌ
(الانفال : 28)

“Dan ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar”. (Q.S. Al-Anfaal : 28)•


لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فىِ انِّدَإِوَالصَّفِ اْلاَوَّلاِثُمَّ لمَ ْيَجِدْواإِلاَّ أَنْ يَسْتَهَمُو اعَلَيْهِ لاَ سْتَهَمُوا


“Andaikata para manusia mengetahui apa yang ada di dalam panggilan (Adzan) dan memenuhi shaf yang terdepan, kemudian mereka tidak menemukan kecuali mereka akan berlomba atasnya pasti mereka akan berlomba atasnya pasti mereka akan berlomba”
( HR. Imam Bukhori)

PERSEMBAHAN

Laporan Kuliah Kerja Lapangan ini penulis persembahkan kepada:
1. Ayah dan Ibunda tercinta yang telah memberikan do’a restu dan motivasi serta dukungan hingga terselesaikannya studi penulis di Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
2. Adikku tersayang yang selalu membantu, mendoakan dan memberikan semangat serta dengan senyuman dan motivasi yang kamu berikan dapat menyelesaaikan laporan kuliah kerja lapangan ini.
3. Keluarga besarku yang memberikan dukungan dan do’a.
4. Seseorang yang menjadi inspirasi bagi penulis.
5. Dosen – dosen kimia yang telah memberikan bimbingan dan ilmu selama kuliah
6. Suwahono S. Pd dan Agung Rokhimawan, M. Pd selaku dosen pembimbing dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan.
7. Teman – teman Tadris Kimia 2005 yang memberikan kenangan terindah selama kuliah yang takkan pernah penulis lupakan.

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Tiada untaian kata yang layak dan pantas penulis ungkapan selain bacaan “Alhamdulillahi rabbil ‘alamin” atas rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya sehingga penulisan skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
Dengan selesainya penulisan ini, penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
1. Prof. Dr. H. Ibnu Hajar, Med selaku dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
2. Suwahono S. Pd dan Agung Rokhimawan, M. Pd selaku pembimbing dalam KKL.
3. Seluruh Dosen Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang yang telah memberikan bantuannya berupa ilmu yang bermanfaat.
4. Bapak dan ibu tercinta yang telah mencurahkan seluruh kasih sayangnya serta memberikan dukungan dan dorongan do’a dalam menuntut ilmu sehingga laaporan KKL ini selesai.
5. Teman-teman yang memberikan semangat selama perkulihan.
Kepada mereka penulis tidak dapat membalas apapun hanya penulis kembalikan kepada Allah SWT dan menjadi amal yang saleh dengan iringan do’a “fajazakumullah khairul jaza’ jazaa an katsira”.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Semarang, 22 Desember 2008

Penulis

DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL ……………………………………………….…………. i
HALAMAN MOTTO ……………………………………………………….... ii
HALAMAN PERSEMBAHAN ……………………………………………….iii
HALAMAN KATA PENGANTAR ………………………………………… iv
HALAMAN DAFTAR ISI …………………………………………………….v

BAB I : PENDAHULUAN …………………………………………..1
A. Latar Belakang ……….…………………………………..1
B. Fokus masalah ……………………………………………1
C. Permasalahan ……..…………………………………….. 1

BAB II : PEMBAHASAN……………………………………………..2
A. Pengertian dan Manfaat Yakult…….…….. ……………..2
B. Yakult Minuman Probiotik……..………………………...3
C. Bakteri Lactobasillus casei Shirota strain......................….4
D. Pembuatan Yakult ………………………………………..5
E. Sistem Pemasaran....………………………………………8

BAB III : KESIMPULAN…………..………………………………….. 9

BAB IV : PENUTUP…………………………………………………….9

LAMPIRAN :....…………….…………………………………………………10


YAKULT
MINUMAN PELOPOR PROBIOTIK

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sistem pencernaan kita dapat digambarkan seperti pabrik pengolah makanan yang ada di dalam tubuh dan bekerja 24 jam setiap hari. Setiap millimeter dari masing-masing bagian mulai dari mulut, kerongkongan, lambung , usus kecil, usus besar sampai anus yang panjangnya kurang lebih 8-9 m, diciptakan dengan cara luar biasa tepat untuk fungsinya masing-masing. Dengan demikian makanan yang masuk melalui mulut dapat diserap gizinya dengan maksimal dan sisanya dibuang keluar dari tubuh.
Seberapapun kompleks, lengkap dan rapihnya alat pencenaan kita, tugas mencerna makanan tidaklah dapat dilakukannya sendiri. Kunci keberhasilan proses pencernaan sangat tergantung pada kerjasama yang baik antara saluran cerna dengan bakteri yang hidup didalamnya.
Jadi untuk bakteri yang berguna dalam mencegah percernaan ada dalam produk Yakult yang merupakan minuman probiotik yang berfungsi peningkatan kesehatan dengan cara mencegah gangguan percernaan seperti buang air besar dan juga dapat mengurangi racun dalam usus.

B. Fokus Masalah
Berdaasarkan latar belakang tersebut, maka kami melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) untuk mendukung pengetahuan kami dalam hal kesehatan pada percernaan tubuh, tepatnya pengamatan kami lakukan di Kawasan Industri Indolakto Desa Pasawahan Cicurug Sukabumi Jawa Barat. Fokus masalahnya adalah masalah kesehatan pada pencernaan.

C. Permasalahan
Adapun yang menjadi permasalahan dalam KKL ini diantaranya sebagai berikut:
1. Sumber utama pembuatan Yakult.
2. Bagaimana Yakult dibuat.
3. Apakah limbah dari Yakult itu aman?

II. PEMBAHASAN

A. Pengertian dan Manfaat Yakult
Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain.

Yakult (ヤクルト Yakuruto?) adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi skimmed milk dan gula dengan bakteri Lactobacillus Casei. Karena L. casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Namanya berasal dari jahurto, bahasa Esperanto untuk "yoghurt". Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. Pada 1935, ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. (株式会社ヤクルト本社 Kabushiki-gaisha Yakuruto Honsha) untuk memasarkan minuman ini.

Dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup kedalam usus kita. Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus. Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti:
1. Mencegah gangguan pencernaan
2. Meningkatkan daya tahan tubuh
3. Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus
4. Mengurangi racun dalam usus
5. Membatasi jumlah bakteri yang merugikan dalam usus.
B. Yakult Minuman Probiotik
Yakult merupakan minuman pelopor probiotik, dibuat dari bahan-bahan :
1. Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup
2. Susu bubuk skim
3. Sukrosa dan glukosa.
4. Perisa
5. Air
Probiotik berasal dari kata probios yang dalam ilmu biologi berarti untuk kehidupan. Probiotik adalah pangan mengandung mikroorganisme hidup yang secara aktif meningkatkan kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan flora usus jika dikonsumsi dalam keadaan hidup dalam jumlah yang memadai. Jadi yakult itu merupakan minuman probiotik yang di dalamnya terdapat bakteri / mikroorganisme yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Oleh karena itu untuk dapat disebut probiotik, bakteri harus mempunyai persyaratan sbb:
1. Terbukti aman bagi manusia
2. Dapat mencapai usus dalam keadaan hidup
3. Terbukti bermanfaat
Kandungan Gizi Yakult
Kalori 50 kcal
Protein 0,8 g
Lemak 0,0 g
Karbohidrat 11,3 g
Kolesterol tidak terdeteksi
Kalsium 30 mg
Natrium 14 mg
Indeks glycaemic 46 ( rendah )

Bakteri Yakult terbukti memenuhi persyaratan tersebut melalui berbagai riset. Protein yakult dua kali lebih mudah dicerna daripada protein susu. Untuk mencerna 70% protein yakult, hanya diperlukan waktu tiga jam. Hal ini lebih pendek dari waktu yang dibutuhkan untuk mencerna protein susu segar yaitu enam jam. Kelebihan inilah yang menjadikan yakult sangat berperan dalam pertumbuhan tubuh dan diyakini sangat berperan penting dalam rekondisi pasca sakit.
Yakult cenderung disukai konsumen (karena memiliki citarasa sedikit asam, agak manis, tidak menggumpal, berwarna cerah serta homogen) dibandingkan dengan macam susu fermentasi lainnya seperti yogurt dan kefir. Yogurt dan kefir cenderung tidak disukai konsumen karena mempunyai tekstur yang kental, citarasa terlalu asam dan kurang manis.

C. Bakteri
Bakteri ada dimana-mana baik dalam udara yang kita hirup, di tanah yang kita pijak dan tentu saja dalam tubuh kita. Bahkan sebenarnya, kita sepenuhnya hidup ditengah-tengah dunia bakteri yang tidak tampak.
Bakteri adalah organisme bersel satu yang terlalu kecil untuk dapat dilihat kecuali dengan bantuan mikroskop. Mereka berukuran micron (1/1000 mm). bakteri Seperti juga makhluk hidup lain, bakteri membutuhkan makanan, air dan suhu yang sesuai untuk hidup dan berkembang biak.

Terkadang makhluk kecil ini hidup damai dengan sesamanya tetapi ada kalanya mereka terlibat peperangan antara hidup dan mati untuk memperebutkan makanan dan tempat untuk hidup. Anda tidak dapat secara langsung melihat, mendengar ataupun merasakan drama kehidupan bakteri ini, tetapi mereka mempunyai berbagai cara supaya kehadirannya dapat kita rasakan.
Mungkin anda mengira bahwa bakteri adalah kuman yang merusak makanan, mengakibatkan keracunan, atau yang membuat anda sakit. Akan tetapi, bakteri yang berbahaya, yang kita sebut patogen hanyalah satu sisi dari kehidupan bakteri ini. Banyak dari mereka yang tidak berbahaya, beberapa bermanfaat bahkan ada yang memegang peranan penting bagi kesehatan kita. Seperti Lactobacillus casei Shirota strain dapat bertahan terhadap asam lambung dalam proses pencernaan, mencapai usus dalam keadaan hidup dan berperan dalam pencernaan sehingga bermanfaat bagi kesehatan kita.
Bakteri Lactobacilllus casei adalah galur unggul yang mudah dan cocok untuk dikembangbiakkan dalam minuman dasar susu. Selain bakteri ini mampu bertahan dari pengaruh asam lambung, juga mampu bertahan dalam cairan empedu sehingga mampu bertahan hidup hingga usus halus.
Peranan lain terhadap kesehatan manusia adalah
1. Untuk memperbaiki penyerapan kalsium pada usus
2. Melancarkan buang air besar
3. Penyerapan bahan karsinogenik
4. Membunuh bakteri patogen dan bersifat anti tumor
5. Memberi efek menguntungkan pada usus halus dengan meningkatkan keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan.

D. Pembuatan Yakult

1. Tangki Pelarutan
Bahan-bahan utama yaitu susu bubuk skim dan glukosa dicampur dengan air dan ditampung dalam tangki pelarutan.
2. Tangki Pembibitan
Dalam tangki ini bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain disiapkan dan dikembangbiakkan.
3. Tangki Fermentasi
Selanjutnya bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain dicampur dengan campuran bahan-bahan susu bubuk skim, glukosa, air dan dimasukkan kedalam tangki fermentasi.
4. Proses Homogenizer
Tahap berikutnya dilakukan proses Homogenizer dan diawasi secara ketat.
5. Tangki Pencampur
Hasil proses homogenizer tersebut dicampur dengan sirup dari tangki sirup dan disimpan dalam tangki pencampur.
6. Tangki Penampung
Kemudian hasil dari proses homogenizer tersebut dicampur dengan air yang sudah di sterilisasi kemudian hasil ini dimasukkan ke dalam Blending Pump yaitu suatu alat untuk menyatukan Yakult konsentrat dengan steril untuk selanjutnya ditampung didalam tangki penampung.
7. Mesin Pembuat Botol
Untuk menjaga higienitas dari Yakult, maka proses pembuatan botol dilakukan sendiri oleh Yakult Indonesia.
8. Mesin Pengisian
Selanjutnya minuman Yakult sudah siap diisi ke dalam botol. Di botol tersebut juga dicetak semua informasi yang ada seperti kandungan nutrisi, tanggal kadaluwarsa, dll.
9. Mesin Pengepakan
Botol-botol yang sudah terisi untuk selanjutnya dikemas dalam kemasan dimana 1 kemasan ( packing ) terdiri dari 5 botol Yakult.
10. Ruang Pendingin
Kemasan yang berisi botol Yakult disimpan dalam ruang pendingin untuk menjamin kualitas dari minuman kesehatan Yakult.
11. Distribusi
Dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult siap didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct Sales ) untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem penjualan oleh Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap hari.

E. Sistem Pemasaran Yakult
Sistem pemasaran produk Yakult terdiri dengan dua cara yaitu :

1. Sistem Direct Sales

Sistem ini digunakan untuk mendistribusikan Yakult ke toko-toko, supermarket, koperasi, kantin dan lain-lain. Distribusi dilakukan menggunakan mobil berpendingin. Sampai Mei 2007, PT. Yakult Indonesia Persada mempunyai 37 ( tiga puluh tujuh ) cabang atau TKU ( tempat kegiatan usaha ) yang melayani outlet-outlet yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan & Sulawesi.

2. Sistem Yakult Lady

Melalui sistem ini Yakult didistribusikan oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady juga melakukan propaganda yang berisi tentang penjelasan mengenai manfaat Yakult. Saat ini PT. Yakult Indonesia Persada memiliki kurang lebih 1100 Yakult Lady yang tersebar di 93 center-center di seluruh Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Purwakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Palembang.

III. KESIMPULAN

1. Yakult merupakan pelopor minuman probiotik yang mengandung 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain yang secara klinis terbukti baik untuk pencernaan.
2. Yakult diproduksi tanpa bahan pengawet maupun pewarna, sehingga jelas aman untuk dikonsumsi mulai dari anak-anak, dewasa hingga lanjut usia.
3. Bakteri L. casei Shirota strain yang memproduksi asam laktat, efektif mendorong pertumbuhan bakteri baik yang melancarkan pencernaan sekaligus menekan pertumbuhan bakteri merugikan yang cenderung mengganggu kesehatan tubuh. Selain itu, bakteri baik ini juga berperan dalam menjaga kondisi tubuh menghadapi berbagai gangguan kesehatan pencernaan.

IV. PENUTUP

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya laporan KKL ini dapat selesai tidak ada yang patut kami banggakan, selain semoga laporan KKL ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Namun demikian mengingat keterbatasan kemampuan yang dimiliki, kami menyadari bahwa laporan KKL ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca yang budiman sangat kami harapkan. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment