Pages

October 06, 2009

Produk Lebah Madu

Lebah Madu dan Produk-Produknya

oleh :
Nurulita Mutiara (3105330)
Arif Fadholi, W. A (3105328)

FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2007

Madu adalah cairan yang lengket dan manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga.
Madu lebih manis dari gula meja dan memiliki ciri-ciri kimia yang menarik untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda yang membuat orang lebih menyukainya daripada gula dan pemanis lainnya.

Propolis atau bee pollen adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Dikumpulkan oleh lebah dari pucuk daun-daun yang muda untuk kemudian dicampur dengan air liurnya, digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang. Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. lebah meliputi sarangnya dengan propolis untuk melindungi semua yang ada didalam sarang tersebut dari serbuan kuman, virus, atau bakteri, misal: ratu lebah, telur, bayi lebah dan madu. Sifat disinfektan alami yang terkandung dalam propolis sangat ampuh dalam membunuh kuman, terbukti dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan tidak membusuk.

Royal Jelly adalah makanan khusus yang istimewa untuk Ratu Lebah. Dengan makanan tersebut, Ratu Lebah mampu bertelur setiap hari 1000 - 1.500 butir telur sepanjang hidupnya, dan ia dapat hidup 6 sampai 7 tahun, sedangkan lebah biasa hanya bisa hidup ±.3 bulan saja. Demikianhebatnya Royal Jelly yang mengandung nilai gizi sangat tinggi.

Lilin Lebah merupakan produk lebah yang dihasilkan oleh kelenjar lilin yang terdapat pada perut bagian bawah lebah madu. Bermanfaat sebagai bahan baku dalam Industri Batik, Kosmetik, Farmasi, Lotion atau cairan pembersih dan pelapis pil.

Sengat Lebah merupakan cairan bening, berbau tajam, pahit, aroma spesifik dan bereaksi masam. Sengat lebah digunakan untuk mengobati Reumatik persendian, penyakit Poliartritis, Neuritis dan penyakit Asma Bronchiql.
Sarang Lebah
Dalam tiap sarang terdapat ribuan kantung berbentuk heksagonal atau segi enam yang dibuat untuk menyimpan madu. Madu memiliki tingkat keawetan yang tinggi disebabkan oleh kelembaban sarangnya.

PERTANYAAN
Mengapa sarang lebah mempunyai bentuk heksagonal?
JAWABANNYA
Karena itu merupakan cara terbaik membangun gudang simpanan dengan kapasitas terbesar dan menggunakan bahan bangunan sesedikit mungkin, sehingga bentuknya heksagonal. Apabila dibandingkan dengan bentuk yang lain seperti tabung, prisma segitiga, maka akan terbentuk celah kosong di antara kantung satu dan lainnya dan lebih sedikit madu yang tersimpan di dalamnya. Kantung madu berbentuk segitiga/persegi bisa saja dibuat tanpa meninggalkan celah kosong. Tapi dari semua bentuk geometris tersebut, yang memiliki keliling paling kecil adalah heksagonal. Karena alasan inilah walaupun bentuk-bentuk menutupi luasan areal yang sama, material yang diperlukan untuk membangun bentuk heksagonal lebih sedikit dibanding dengan persegi/segitiga. Kesimpulannya adalah suatu kantung heksagonal adalah bentuk terbaik untuk memperoleh kapasitas simpan yang terbesar dengan bahan baku lilin dalam jumlah yang paling sedikit.

No comments:

Post a Comment